Netroots Nation, Amerika Serikat

Jika tidak ada halangan, Sabtu besok saya akan terbang ke AS untuk mengikuti Netroots Nation, sebuah konferensi aktivis online di Minneapolis. Kalau baca-baca agendanya, kayaknya bakal seru. Seperti misalnya sesi Social Networks, Down and Dirty for Change, yang akan membahas strategi gerakan masyakat melalui socmed yang gagal, dan tentu saja yang sukses besar.

Sesi yang tidak kalah menarik adalah Finding Your Voice in Writing and Making it Heard—menghadirkan panelis dari lapangan dan media. Mereka akan bertutur tentang menulis argumentasi dan persuasi yang cocok untuk gerakan sosial di socmed.

Itu adalah dua dari 150 lebih sesi yang akan diadakan selama 16-19 Juni. Sesuai namanya (kependekan dari Internet Grassroots), pembicara konferensi ini adalah suara akar rumput yang memanfaatkan media sosial untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Tentu tidak semuanya grassroots. Ada sesi bincang-bincang dengan Dan Pffeifer, direktur komunikasi Gedung Putih. Tentu menarik sekali, bisa mengetahui pemerintahan Obama mengelola informasi. Ada juga sesi dengan Jerry Bird, direktur lapangan untuk kampanye Obama 2012, sehingga kita bisa dapat bocoran strategi mereka.

Memang sih, kebanyakan sesinya sangat terkait dengan politik Amerika Serikat. Akan tetapi format konferensi ini sangat oke kalau diadaptasi untuk Indonesia. Format umum seperti Pesta Blogger sudah kurang tepat lagi bagi Indonesia yang jauh berkembang sejak 2007. Bentuknya harus dikembangkan dan sekaligus dibuat lebih spesifik.

Jadi, mudah-mudahan, pengalaman mengikuti Netroots Nation bisa menginspirasi format baru untuk mempererat para blogger dan tweeple di Indonesia.

Selain ke Minneapolis, saya juga akan mampir ke DC, bertemu dengan sejumlah petinggi Departemen Luar Negeri AS yang mengatur kebijakan komunikasi social media. Tentu sangat bertolak belakang dengan Tifatul Sembiring yang twit-twitnya tanpa kebijakan. :D

(Mudah-mudahan nanti laporan saya di sana dibaca Pak Tif :P )

(Untuk membiasakan budaya disclosure di socmed Indonesia, inilah dia: Kegiatan saya di AS disponsori oleh Departemen Luar Negeri AS. Mereka memang meminta saya untuk melaporkan kegiatan di sana, akan tetapi tidak memaksakan saya untuk menyampaikan pesan sponsor apapun. Demikian.)

Semua laporan tentu akan mendarat di blog ini, dan di twitter saya @hermansaksono. ;)

Update laporan di AS:

Mengikuti Netroots Nations di Amerika Serikat

18 thoughts on “Mengikuti Netroots Nations di Amerika Serikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.