Kalau saya boleh bingung, sebetulnya apa sih blog itu? Kalau anda menjawab blog adalah the new media, wadah bagi orang-orang yang sebelumnya cuma penonton untuk turut menyatakan opini dan memberitakan kabar-kabar; saya akan manggut-manggut setuju.

Anda juga boleh jawab kalau blog adalah medium opini dan kritik yang sangat subyektif; tetapi kesubyektifan itu justru ciri khas yang membuatnya begitu menarik. Toh, adanya fasilitas komen justru menghadirkan diskusi yang membuat tuturan subyektif menjadi berimbang. Apakah jawaban anda seperti itu? Kalau iya, saya juga akan manggut-manggut setuju kok.

Atau mungkin menurut anda, blog adalah media generasi baru yang akan menggeser, atau setidaknya menandingi, mainstream media? Tentu saya akan manggut-manggut senang. Akan tetapi, menyandingkan blogging dengan jurnalisme-pada-umumnya, apa itu tidak terlalu berat?

Benar, banyak blogger yang tulisannya bagus-bagus, dan obyektif, tetapi kebanyakan dari mereka memblogging di saat senggang (atau di saat atasan tidak di ruangan). Orang-orang ini tidak mungkin memiliki waktu dan suberdaya yang cukup untuk mengecek tiap fakta dan mericek tiap kata seperti layaknya pabrik koran dan majalah, sehingga tulisan mereka lebih rentan berkesalahan. Lantas, kalau disomasi gimana dunks?

Atau… dengan keterbatasan itu, mungkin blogger cukup menulis hal-hal yang ‘aman’ saja? Seperti betapa hebatnya piknik mereka di puncak? Tapi bukankah itu sedikit mengingkari semangat menjadi the new media? Ya? Atau tidak?

Bagaimana menurut anda, harus bagaimana blog itu?

Tanggung Jawab Blogger
Tagged on:

48 thoughts on “Tanggung Jawab Blogger

  • September 29, 2007 at 1:34 pm
    Permalink

    Hehe. Blog adalah salah satu bentuk new media, bukan penjelmaan new media itu sendiri.

    Sikap Om Tyo mungkin bisa ditiru, bahwa blog diisi manakala sempat tanpa mengenal tenggat.

    Reply
  • September 29, 2007 at 2:23 pm
    Permalink

    sebagai media baru, mungkin iya. tapi itu jatah orang2 pinter yang ngeblognya serius. kalo buat blogger abal-abalâ„¢ kayak saya ini, yah ngeblog itu buat seneng2 aja, biar gak sakit jiwa.

    ngeblog untuk keseimbangan. inget itu, momon! :D

    Reply
  • September 29, 2007 at 4:01 pm
    Permalink

    kalo mau membandingkan blog sebagai media baru harus mempertimbangkan blogosphere secara keseluruhan, gak bisa satu dua blog sebagai individu.

    blog itu media alternatif, maka mindsetnya pun harus alternatif. kalo pembaca mau cari media konvensional yang punya resource untuk membahas suatu hal dari beberapa sisi yang berbeda, maka yang dia cari adalah kompas.com atau detik.com, bukan blog

    Reply
  • September 29, 2007 at 4:32 pm
    Permalink

    ya …. jadi begitu itu mon
    *waton komen agar berimbang*

    Reply
  • September 29, 2007 at 6:08 pm
    Permalink

    Nulislah yang aman-aman saja. Seperti… koran kompas?

    Reply
  • September 29, 2007 at 11:01 pm
    Permalink

    maka yang dia cari adalah kompas.com atau detik.com, bukan blog

    Ehem, menurut saya detik.com dalam beritanya banyak unsur subjetifitasnya lho.. (memper2 blog gitu).

    Reply
  • September 29, 2007 at 11:38 pm
    Permalink

    Berhubung saya baru menceritakan jalan-jalan liburan bukan berarti saya “mengingkari semangat menjadi the new media” lho :)

    Definisi “the new media” itu sendiri belum ada yang bisa mengekspresikannya secara konkrit. Di dunia maya, kita dapat mengambil banyak informasi baik yang sifatnya tradisional seperti mau tahu ramalan cuaca sampai dengan mencari tahu cara meng-hack game terbaru “halo3”.

    Medium internet yang dipakai oleh para blogger untuk menulis apa saja yang dianggap “penting” tentunya mendapat pengikut maupun pengkritik yang menanggapi tulisan “penting” tersebut.

    Menurut penilaian saya, “the new media” tersebut sebenarnya merupakan evolusi internet itu sendiri yang membebaskan penulis untuk menulis apa saja yang dia inginkan dan bagi para pembaca untuk dapat memilih apa saja yang mereka anggap bernilai untuk dibaca. Sedangkan mengenai tanggung jawab blogger, saya berpendapat jika hal ini masih merupakan subject interpretasi masing-masing. The worst yang dapat terjadi adalah jika pemerintah memberikan peraturan tentang apa yang blogger bisa atau tidak bisa ungkapkan dalam menulis isi blog mereka.

    Reply
  • September 29, 2007 at 11:56 pm
    Permalink

    menurutku gak ada yg salah dgn blogger yg cerita liburan ke puncak, atau cerita pengalaman pribadinya.
    asal ceritanya informatif, disisipkan hal2 yg ‘penting’, itu juga bisa jadi new media donk.
    media kan gak hanya melulu ngomongin soal politik, gak hanya ngritik pemerintah, berita pembunuhan, dll.
    di media cetak juga ada kan kolom kuliner, kolom wisata.
    krn orang gak hanya butuh berita2 yg katanya ‘bermutu’ aja.

    masing2 ada pasarnya. tabloid khusus IT yg (tentu) gak memuat berita ttg kelangkaan minyak tanah yg rame2 lagi didemo, apakah lantas tabloid itu bukan media jurnalisme?

    *duh ngomong apa sih gue.. muter2 deh.. susah ya nulis isi otak itu*

    Reply
  • September 30, 2007 at 12:50 am
    Permalink

    Blog mau ga mau memang bisa disebut sebagai new media (of citizen journalism). Kasarnya bisa disebut penyambung lidah (mereka/massa dalam kamus sempit).

    Justru dari blog, orang tau ada kecelakaan lalu lintas di daerah pondok indah, misalnya. Tapi untuk detilnya, orang akan lari ke media mainstream. Artinya pintu menuju sebuah berita bisa didapat dari mana aja, salah satunya adalah blog.

    Aku pikir blog jadi salah satu sarana untuk woro-woro, apapun bentuknya. Dan seperti kata Priyadi, itu pun tak bisa hanya dari satu-dua blog. Tapi harus cek dan ricek ke beberapa blog yang mungkin menulis isu sama.

    Reply
  • September 30, 2007 at 2:52 pm
    Permalink

    Ngeblog yang baik bagaimana? Seperti ngomong yang baik: ngomong aja dan bertanggungjawab atas yang diomongkan hehehe…

    Mau memfitnah ya terserah, tapi kalau dituntut karena fitnah tersebut ya terima saja.

    Mau mencela orang ya terserah, tapi kalau dicela balik jangan muring-muring.

    Nulis yang aman-aman saja? Pensiun dong sayah hehehe…

    Reply
  • October 1, 2007 at 8:17 am
    Permalink

    blog, buat lucu-lucuan aja mon, dah banyak hal yang berat-berat, jadi ngeblog buat yang enteng-enteng :D

    Reply
  • October 1, 2007 at 9:51 am
    Permalink

    seperti kata pepatah, blogmu adalah harimaumu …. (ngiklan gak seeh) :D

    Reply
  • October 1, 2007 at 3:21 pm
    Permalink

    halah, nda usah mikirin blog, mon. lebih penting cari tempat di mana kamu mau ngajak aku makan utk merayakan kelulusanmu hari ini. nilainya A kan? berarti kelase ya jangan angkringan to :D

    Reply
  • October 2, 2007 at 5:27 am
    Permalink

    blog itu untuk nulis…
    nulis apa aja yang dipikir si penulis. subyektif? bisa jadi…
    kalo mau obyektif, yaa baca koran wae… kita pem blogger kan bukan wartawan.

    Reply
  • October 2, 2007 at 11:47 am
    Permalink

    di blog seorang blogger kan bebas tuh menuliskan apa aja. Jadi menurutku mau jadi apa blog itu ya tergantung ke masing-masing bloggernya dong. Ada beberapa blogger yang serius, nulisnya “berat2” dan bagus lah. Ada juga banyak yang lain yang nulis apa yang ada di pikirannya, kesehariannya, dll. Ada juga yang nulis puisi, cerpen, ato sebagainya. Malah ada jg yg untuk bisnis.

    Kesimpulannya: nggak bisa dong memaksa seorang blogger harus nulis yg bagus demi semangat jadi new media, kan gak ada perjanjian gitu waktu awal bikin blog… :D

    Reply
  • October 2, 2007 at 8:50 pm
    Permalink

    hmm…subyektifitas bagaimanapun selalu menyelip di setiap tulisan. kalau blog disebut sbg sarana informasi, tentu iya. kalau media baru? tunggu dulu deh.

    Reply
  • October 4, 2007 at 1:57 pm
    Permalink

    serius pol.
    blog itu tempat yang nyaman. tentu saja harus sangat subjektip (meskipun harus di dukung dengan fakta-fakta)karena itu yang membedakan dengan dengan media konvensional.

    blog harus lucu, nakal, jeli dan kalau emang perlu misuh silakan tidak seperti koran yang dingin dan tawar.
    :)

    Reply
  • October 5, 2007 at 8:47 am
    Permalink

    selayaknya sebuah blog juga memberikan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan, bukan sekedar hoax. bagi saya blog adalah sarana untuk sharing apa yang kita punya.

    Reply
  • October 5, 2007 at 10:58 am
    Permalink

    internet itu global village. media massa yang bebas, karena gak ada badan sensor internet.. bisa bahaya dan bisa berguna, filternya diri masing2..
    begitu juga blog. personal dan gak memungkiri orang mau nulis gimanapun, jadi siap2 aja dikritik atau antem2an diintenet. hehe..
    nah, majalah bajigur edisi2 udah terbit nih (loh kok gak nyambung).. silahkan didonlot di http://www.bajigurkreatif.blogspot.com
    numpang promosi ya mas herman.. (boleh dibilang spam atau gak juga gak papa..) :)

    Reply
  • October 5, 2007 at 2:39 pm
    Permalink

    berani berbuat, berani bertanggung jawab donk !

    Reply
  • October 8, 2007 at 3:58 am
    Permalink

    blog kan bisa jadi saran aktualisasi diri. kalo di blog ada tulisan yang aneh2 ya itulah cerminan yang nulis (heehhee sotoy gini guah… :D )..btw ngeblog aja teruss, semangat…kebebasan berbicara, kalo ga bisa dipertanggung-jawabkan, buat apa ? he3. pizz

    Reply
  • October 8, 2007 at 11:51 am
    Permalink

    Siapa bilang internet media bebas? Tanya tuh momon yg pernah “diangkut” karena kreatifitasnya. :((

    Pelajaran : Bagi yg pingin bebas, jangan buka identitas Anda. Biarlah dunia maya tetap terpisah dari dunia nyata.

    Reply
  • October 8, 2007 at 2:30 pm
    Permalink

    Iya Mas…
    tadi kita ketemu di Prima :D
    Koq bisa nyamperin ke blog ku yach??
    hehe

    Reply
  • October 10, 2007 at 1:03 am
    Permalink

    wah, blog itu beda sih ya dan masih dalam fase awal pertumbuhan…ibarat manusia, blog itu masih baru akan masuk usia akil balik, jadinya masih mencari jati diri..heuhuehe…ngomong apa aku ini…mau tidur gak bisa2…nunggu saur sekalian…

    Reply
  • October 25, 2007 at 6:02 pm
    Permalink

    blog itu…harus..wah susah pakdhe, wong saya ngeblog juga ngasal
    *duh ga intelek banget komennya*

    Reply
  • August 12, 2014 at 6:18 pm
    Permalink

    I am really grateful to the holder of this web page who has shared this wonderful post at at this place.

    Reply
  • August 14, 2014 at 12:08 pm
    Permalink

    michael kors Wallets cheap Online
    Hello! I’ve been following your site for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout
    out from New Caney Texas! Just wanted to mention keep
    up the good work!

    Reply
  • August 18, 2014 at 4:40 pm
    Permalink

    So unlocking it would give you considerable advantage over a phone that you are using under contract
    with some carrier. Web pages render much quicker as well and there is no lag or slowdown when loading apps and navigating menus.
    Instead, you can simply switch the SIM card in the phone and use the
    local GSM services, just like the way you have been using on any previous unlocked phone.

    Reply
  • August 20, 2014 at 12:03 pm
    Permalink

    Hello i am kavin, its my first time to commenting anywhere, when i read
    this post i thought i could also create comment due to
    this sensible post.

    Reply
  • August 23, 2014 at 8:12 pm
    Permalink

    It’s remarkable in support of me to have a website, which is beneficial for my know-how.
    thanks admin

    Reply
  • August 23, 2014 at 8:38 pm
    Permalink

    Hey, I think your website might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Firefox, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some
    overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, wonderful blog!

    Reply
  • August 25, 2014 at 3:33 am
    Permalink

    I do not even know the way I ended up here, but I assumed this submit used to
    be good. I do not realize who you are however definitely you are going to a famous
    blogger if you are not already. Cheers!

    Reply
  • August 27, 2014 at 7:58 pm
    Permalink

    You tend not to need external validation in who you really are or your personhood.

    Additional away from-web site risks have to be considered and depend on factors like:.

    In this particular report I will investigate the main topic of training in the workplace.

    Reply
  • August 28, 2014 at 7:36 pm
    Permalink

    My brother suggested I might like this blog. He was entirely right.
    This post truly made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this info!
    Thanks!

    Reply
  • August 30, 2014 at 12:52 pm
    Permalink

    When someone writes an piece of writing he/she keeps the
    thought of a user in his/her mind that how a user can understand it.
    Thus that’s why this post is outstdanding. Thanks!

    Reply
  • September 5, 2014 at 11:00 pm
    Permalink

    We absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be what precisely I’m looking for.
    Would you offer guest writers to write content for you personally?

    I wouldn’t mind creating a post or elaborating on a
    number of the subjects you write regarding here. Again, awesome web site!

    Reply
  • September 7, 2014 at 3:23 am
    Permalink

    Today, I went to the beachfront with my kids. I found a sea shell and gave it to my
    4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her ear and
    screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!

    Reply
  • September 8, 2014 at 10:42 pm
    Permalink

    What could be more frightening than what Ken has in his basement.

    It has steadily remained on the Prime Grossing Video
    games checklist within the App Store because it launched.
    As the Cancerverse dies around him, Thanos begs, grovels and threatens for some sign of
    favor from Death, who promptly disappears.

    Reply
  • September 9, 2014 at 12:55 am
    Permalink

    What’s up to all, how is everything, I think every one is getting more from
    this website, and your views are nice for new viewers.

    Reply
  • September 10, 2014 at 7:51 pm
    Permalink

    However, the tips provided in this app are of serious nature and sometimes turn out to
    be plain relationship advice, which can be helpful
    for women. Fixit when any appliances or vehicles
    give problems. Now it may be possible in rare instances to find relationships or love in an MMO but a glance at the evidence suggests it is a lot easier to
    find some quick relief.

    Reply
  • September 12, 2014 at 1:46 pm
    Permalink

    Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you’re just too wonderful.
    I really like what you have acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it.
    You make it entertaining and you still take care of
    to keep it sensible. I can not wait to read much more from you.
    This is actually a great web site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.