Akhirnya, setelah membanting tulang selama 5 bulan, mbak Listiana Srisanti selesai menerjemahkan buku Harry Potter ke-6 yang berjudul The Half-Blood Prince.

Hari Minggu, 8 Januari depan, versi hardcover buku tersebut resmi beredar di Indonesia. Saya yang kurang mampu—di lain sisi—memilih untuk menunggu hingga tanggal 22 Januari untuk membeli versi paperback yang lebih murah 50 ribu rupiah. Lagipula versi hardcover kurang ergonomis karena selain berat, ukurannya juga lebih besar.

Nah, mengingat jeda antara tanggal 8 hingga tanggal 22 cukup panjang, saya sempat khawatir akan kebocoran spoiler plot buku tersebut sebelum saya membacanya. Harry Potter 5 misalnya, saya kebocoran spoiler nama tokoh yang mati di dalam buku tersebut di room IRC saya.

Kok bisa?

Rupanya ada orang iseng yang memasang pertanyaan: “Siapakah tokoh yang mati di Harry Potter 5?” beserta jawabannya ke dalam script kuis IRC yang saya operatori.

Gimana ya rasanya waktu itu… dongkol, marah, dan juengkel setengah mati.

Nah, supaya hal yang sama tidak kembali terulang kepada para penggemar Herpot yang lain, saya mengajak penggemar Harry Potter untuk sama-sama menghormati penggemar Harry Potter yang lain dengan tidak mendiskusikan plot dan ending Harry Potter 6 di area-area publik tanpa warning terlebih dahulu.

Jika anda mengulas, mencuplik atau cuma menyinggung plot buku tersebut di dalam blog, majalah, testimoni friendster, forum diskusi, atau milis—entah sedikit atau banyak— mohon gunakan spoiler warning. Contohnya:

–WARNING: Spoiler Start–

“Bud, dandanan kamu ABG abis sih! Mbok ya diformalin gitu loh! Ini kawinan orang nek! Pak MC, acaranya mulai garing… Apa bisa suasananya bisa diformalin dikit biar tambah garing? *catet*

–Spoiler End–

Dengan demikian, orang yang tidak ingin kebocoran spoiler bisa meloncati bagian yang mengandung spoiler.

Begitu mudah dan semua orang akan senantiasa happy :) Terima kasih!!

Harry Potter 6 & Spoiler
Tagged on:

9 thoughts on “Harry Potter 6 & Spoiler

  • January 7, 2006 at 8:02 am
    Permalink

    hmm..
    aku juga baru mau baca (lagi)..
    mulai dr nomer yang abis muncul dibioskpo..

    eh..
    pas blogwalking..

    dapet lengkap cerita harpot nomer 5..
    sial…

    huh…

    Reply
  • January 12, 2006 at 4:24 pm
    Permalink

    Nah Nah..,dimana tuh bisa dapet Harpot edisi paperback? Tell me pliz…
    Biar ‘gi kere hiburan mesti jalan terus . He he he…
    Karena ada dua hal yg bikin gue perlu saat ini :
    1. Cuti
    2. Seekor kucing dengan bulu bersih and halus buat dipeluk
    3. Bantal gede buat alas duduk sambil meluk kucing.
    4. segelas teh manis buat diminum sambil duduk diatas bantal gede plus
    meluk kucing
    5. buku Harry Potter halbloodprince buat dibaca sambil mendapatkan kenikmatan dari poin 1 s/d 4 diatas…
    PLIZ….

    Reply
  • January 20, 2006 at 2:28 am
    Permalink

    Kalian pernah mikir enggak kenapa Harry Potter bisa bagus dimata kalian?, gua jujur aja enggak demen banget sama yang namanya novel apa lagi yang tebel2, jadi gua heran kenapa orang bisa demen baca HP(harry potter), gua pernah nyoba baca tapi ketiduran( waktu itu baca punya temen gua di sekolah).
    Gua tanya sama temen gua ko elu bisa seneng baca itu ?, dia jawab Fun aja baca HP , sambil bayangi punya kekuataan magis kaya si Harry.
    dari situ gua nilai bahwa Harry Potter ini menurut temen gua itu memuaskan Imajenasinya, gua juga ada keponakan yang gila HP sampe-sampe dia beli sapu Harry di toko buku yang jual bukuny juga, yang menurut gua gila tuh toko untung berat jual buku plus sapu konyolnya .
    mungkin komen gua terlalu sempit , tapi yang gua takutkan imajenasi kita yang terlalu sering difeed sama sono,yang bakal memonoton kan imajenasi kita sendiri maka tidak jarang kita tidak bisa lepas dari acuan sono , memang berbau anti bule tapi kita perlu sadar juga hal kecil macam gini sebener nya pengaruh dalam hidup kita ya
    akhir kata mau baca mau buang silakan

    Reply
  • January 20, 2006 at 7:50 am
    Permalink

    psikopat tulen:

    Banyak orang yang berpikir demikian. Jadi anda tidak sendirian. :)

    Buku Harry Potter, yang bagus sebenarnya bukan karena tema sihir dan hal-hal ajaib. J.K. Rowling, menurut saya memang pandai menceritakan detail dan membuat sesuatu yang biasa menjadi unik dan lucu. Itu kenapa Harry Potter begitu menarik untuk dibaca.

    Tetapi yang paling menarik dari Harry Potter adalah plotnya yang selalu ada twistnya di bagian ending. Apalagi setiap buku selalu ada benang merahnya yang membuat pembacanya menjadi panasaran. ;)

    Reply
  • January 21, 2006 at 1:43 am
    Permalink

    OOOOOOOOH , gitu nya , aneh juga otak manusia kalau sudah suka sesuatu hal dia pasti tidak akan memandang dari segi yang lain. lalu menentukan pengaruh apa untuk dirinya.jujur aja HP yang sekarang Versi softnya eh apa lah namanya harganya berapa boo RP 110.000 coba elu bayangi duit segitu bisa berternak tuh , elu bisa beli 2 slop rokok plus satu dus Auqua , makanan kecil terus elu jualan dah di mana . gile itu bisa buat yang lebih dan lebih berarti lagi buat orang yang mungkin elu pandang bukan manusia. yaa kalian paling bilang namanya juga buat kesenagan plus komentar semau gua wong duit gua sendiri , ya
    WHAT THE HELL !!!

    Reply
  • January 23, 2006 at 3:04 pm
    Permalink

    Ardho gua tau elu masih sangat muda , tapi terlepas dari itu saya berlindung didalam kebebasaan untuk saya berbicara, bukan kah hal itu yang kalian bangga-banggakan.
    kalau di bilang aneh saya memang aneh liat aja namanya, ardho bukan menguruhi tapi saya cuma mau kita berpikir lebih panjang dari suatu kenikmataan sesaat , lagi pula itu urusan elu untuk mengunakan property milik elu sebaik mungkin. satu lagi gua udah menyatakan diri sebagai pihak yang pramoderen yang menetang moderen yang berlebihan jadi Ardho kalau elu mau depak gua depak gua dengan argumen yang membuat saya meratapi . OKE

    Reply
  • April 3, 2008 at 10:59 am
    Permalink

    MAS HERMAN plis aq dikasih tahu dmana bisa dapet tuh buku harry potter 6 yg second katanya dijual dgn harga 50000, mau dong? plis kasih tahu yah syukur2 jika mas herman punya bisa jual ma aku ! pasti aq beli . bales yah

    Reply
  • Pingback:Disleksia - Life - hermansaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.