Roy Suryo di Lion Air

Anggota DPR Roy Suryo dan seorang penumpang lain berebut kursi pesawat Lion Air. Setelah terjadi kehebohan dengan pilot, serta diusir oleh penumpang seisi kabin, Roy akhirnya turun dari pesawat.

Kejadian ini dilaporkan melalui Twitter oleh penumpang tersebut, Ernest Prakasa. Pagi itu (26/3) Ernest naik ke pesawat Lion Air untuk penerbangan ke Jakarta-Jogja pukul 6.15. Sesampainya di kabin, Ernest mendapati kursinya sudah diduduki oleh Roy Suryo. Kursi rekannya juga sudah diambil oleh istri Roy.

Pagi itu pesawat dalam kondisi penuh sehingga rombongan Ernest tidak dapat dialihkan ke kursi lain.

Ternyata Roy salah naik pesawat. Tiket Roy Suryo untuk penerbangan pukul 7.45, bukan 6.15. Walaupun begitu, Roy keukeuh tidak mau turun, bahkan membawa nama-nama direktur Lion Air, kata Ernest. Laporan dari penumpang lain bernama Jonny Herjawan, Roy juga mengatakan “Kamu tau siapa saya.” Belakangan Roy menyangkal kalau salah naik pesawat.

[callout]”Pilot membanting kopernya dan berteriak ‘Pejabat memang anjing!‘”[/callout]

Kejadian semacam ini sebetulnya bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Pada Sabtu 4 September 2010, penumpang Garuda GA 222 harus bersabar 20 menit menunggu rombongan Ibas, putra kedua presiden SBY. Pesawat yang harusnya berangkat pukul 09.30 WIB baru bisa terbang pukul 09.50 WIB. Dalam kasus lain, pilot Garuda Rendy Sasmita Adjiwibawa mengaku ia pernah diperintahkan untuk mendarat lagi karena seorang menteri ketinggalan. Padahal saat itu pesawatnya sudah lepas landas dan mengudara.

Dalam kejadian Ernest dan Roy Suryo, pilot Lion Air nampak lebih tegas daripada Garuda. Pilot telah dua kali menginstruksikan pramugari untuk segera menutup pintu kabin. Akan tetapi karena Ernest masih berdiri belum mendapatkan kursi, maka pintu tidak dapat ditutup. Kemudian, pilot pesawat keluar dari kokpit dan berteriak kepada pramugari, “Jam berapa ini! Kita sudah terlambat!”

Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 6.30, terlambat 15 menit dari yang dijadwalkan 6.15. Setelah pramugari menjelaskan situasinya, pilot kembali masuk ke kabin.

Dari ceritanya di Twitter, Ernest mengaku sempat berpikir untuk mengalah. Namun, ketika hendak meninggalkan pesawat, penumpang seisi kabin justru riuh membelanya. “Jangan mau mas! Jangan ngalah ama pejabat!” Seorang penumpang berteriak “Roy Suryo, turun! Jangan kayak Nurdin Halid gak mau turun!”

Beberapa saat kemudian, Ernest melihat pilot pesawat keluar dari kokpit, membawa koper, dan membanting pintu. Di luar gerbang pesawat yang jaraknya sekitar 2 meter dari Roy, Ernest mendengar kalau pilot membanting kopernya dan berteriak “Pejabat memang anjing!” Dari pramugari diketahui bahwa pilot tidak mau menerbangkan pesawat kalau rombongan Ernest sampai diturunkan dari kabin.

Akhirnya Roy Suryo bersedia turun setelah diyakinakan oleh petugas bandara. Roy menghadap ke seisi pesawat dan minta maaf. “Maaf sudah menganggu penerbangan Anda” kutip Ernest. Politisi Demokrat dan istrinya akhirnya turun sementara para penumpang menyoraki sambil tepuk tangan.

Roy Suryo menyangkal kalau dia salah naik pesawat. Melalui akun Twitternya, ia mengatakan bahwa tiket pesawatnya sudah dimajukan oleh Lion Air, tetapi terjadi miss sehingga terjadi double seat.

Roy Suryo Minta Maaf

Walaupun telah minta maaf kepada seluruh penumpang, Roy menilai kesalahan ada di sisi Lion Air.

“Kalau mereka nggak salah nggak mungkin saya dicarikan pesawat yang paling cepat berikutnya. Buktinya sekarang saya sudah di Yogyakarta,” ujar Roy, seperti dikutip oleh detikcom.

UPDATE

  • Kapten Lion Air bernama lengkap Krisno Ajiasvino membantah telah mengatai pejabat seperti Roy Suryo. Bantahan ini disampaikan melalui sepupunya Banyu Biru Djarot ke email ke redaksi detikcom.
  • Sesuai KUHP, Krisno memang bisa dijerat pidana atas tuduhan perbuatan yang tidak menyenangkan terhadap Roy Suryo.
Roy Suryo Berebut Kursi Pesawat Lion Air

50 thoughts on “Roy Suryo Berebut Kursi Pesawat Lion Air

  • March 26, 2011 at 2:58 pm
    Permalink

    pejabat memang anjing, tiap pagi dan sore juga bikin macet semanggi pake dikawal ngoeng ngoeng sok penting

    Reply
  • March 26, 2011 at 4:14 pm
    Permalink

    kok nggak pernah berubah ya dia dari “jaman dulu” mas. huahahahahha…..

    Reply
  • March 26, 2011 at 5:15 pm
    Permalink

    Kemaren2 ibas dan rombongan,skarang roy suryo…dasar pejabat baru! Mentalnya masih mental kacung!

    Reply
  • March 26, 2011 at 6:50 pm
    Permalink

    Rakyat gampang disulut kemarahannya . Pdhl selain demokrat , pejabat lain juga kaya A— !! PKS , Golkar , aplg PDIP . Setan semua .

    Reply
  • March 26, 2011 at 9:26 pm
    Permalink

    harusnya a—g yg melayani tuanx bukan sebaliknya! Pejabat memang a—

    Reply
  • March 26, 2011 at 11:42 pm
    Permalink

    Haha..aku td ke koran online, linknya gak bs dibuka. Dlm hati: ah pasti Momon nulis nih..klik blognya aaah

    Reply
  • March 26, 2011 at 11:58 pm
    Permalink

    Setelah aku baca, aneh juga kok RS bisa lolos lewat boarding untuk keberangkatan yg bukan jamnya. Jangan2x dia dinjanjiin ama petugas counter di bandara.

    Kedua, pilotnya kok bs ngambil keputusan yak, cuma ngedumel :D

    Reply
    • March 27, 2011 at 10:04 am
      Permalink

      Iya Mbak, anehnya emang kenapa Roy bisa naik ke pesawat yang lebih pagi. Roy kan emang mengklaim flightnya dimajukan. Di lain sisi, Lion menklaim tidak memajukan flightnya Roy.

      Reply
  • March 27, 2011 at 2:02 am
    Permalink

    Pejabaaaaat emang gitu sok2 an dasat tukang ngabisin duit rakyat lu pada..gak tau malu

    Reply
  • March 27, 2011 at 5:57 am
    Permalink

    Roy Suryo yg dulu bukan siapa2 skrg jadi pejabat yg sok penting. Pejabat baik tidak ada yg spt itu, itu sifat oknum yg jadi pejabat spt halnya Roy Suryo. Malu dong sama jabatannya.. Jangan sok… Salut utk Pilot Lion Air dgn tindakannya yg sgt tepat.

    Reply
  • March 27, 2011 at 7:59 am
    Permalink

    …..Roy keukeuh tidak mau turun, bahkan membawa nama-nama direktur Lion Air……

    hehehe. Jadi inget waktu masih TK. “Awas lho tak bilangin temenku. Temenku jagoan anu, direktur anu, ketua anu, anggota genk anu, bla bla bla”.

    Jadi inget juga, dulu ada yang ngomong, “DPR persis seperti taman kanak-kanak”.

    Kebukti deh sekarang, gak di dalam maupun diluar arena sidang emang kayak anak-anak TK. Bedanya, mereka udah nggak pake ngiler lagi….

    Wallahu’alam

    Reply
  • March 27, 2011 at 9:28 am
    Permalink

    anggota dpr hanya hambur2kan uang rakyat. Dpr memang a— !!!

    Reply
  • March 27, 2011 at 11:51 am
    Permalink

    benar-benar a— tuh pejabat ….. gak malu apa gajinya dibayar pake keringat rakyat !!! lebih mulia pengusaha daripada pejabat A— kayak Roy !

    Reply
  • March 27, 2011 at 1:24 pm
    Permalink

    Ya, dia memang belum bisa naik kelas.. masi kelas a— :)

    Reply
  • March 27, 2011 at 2:46 pm
    Permalink

    Lion Air ngaco juga nih, masa pegang boarding pass yg beda gitu eh RS dikasih ijin aja masuk ke kabin.. Petugas di Gate-nya ngeri kali ye ama pejabat baru

    Reply
  • March 27, 2011 at 3:45 pm
    Permalink

    Mang siapa sih roy suryo….kepinteran cuman itu itu ªjjª…anak smp jg bs kaya dia…pesan buat roy suryo : untung yg dipesawt bukan gw kalo gw yg tempat duduk no.sama ama elo wah …dah gw lempar lo ma bini lo ke keluar pesawat.

    Reply
  • March 27, 2011 at 4:43 pm
    Permalink

    Kalau memang benar apa yang ditulis di twitter Ernest, kalau begitu Captain/CO pilot tsb TIDAK PROFESIONAL dalam menghadapi penumpang pesawat meskipun salah masuk dll. APAKAH DIBENARKAN SEORANG CAPTAIN/CO PILOT berteriak2 ke pramugari, dan marah2 dan membanting pintu dan berkata KASAR kepada penumpang yang salah masuk pesawat ?? Seharusnya penulis blog ini mengkutip semua pernyataan ‘TERSANGKA’ baik pernyataan Roy Suryo, Ernest dan pernyataan bantahan CaptVino TIDAK MENGENAL orang yang bernama Ernest dan Roy suryo. Bisa di baca di poin 5 @detikcom http://bit.ly/exMAxl

    Reply
    • March 27, 2011 at 4:47 pm
      Permalink

      Terlalu banyak noise dalam pernyataan Ernest, Roy, maupun Vino. Saya ambil yang ada substansinya saja. Jika ingin pernyataan yang lengkap, silahkan lihat link-link tautannya.

      Reply
  • March 27, 2011 at 4:46 pm
    Permalink

    ini temen-temen yang comment, gak baca postingan di blog ini dengan lengkap yah? paling bawah di tulis update beritanya loh

    sang kapten membantah pernah memaki-maki dan sudah disampaikan ke media online detik.com

    Reply
    • March 27, 2011 at 4:47 pm
      Permalink

      Bagian itu adalah “update”, yang baru saja ditambahkan jam 16.00 hari ini.

      Reply
      • March 27, 2011 at 4:49 pm
        Permalink

        pernyataan ‘cerita’ ernest di twitter sudah dihapus, apakah sudah di update ?

  • March 27, 2011 at 4:46 pm
    Permalink

    jadi siapa yg bercerita bohong ?? Roy ? Ernest ? Vino ? arghhhh habis perkara, adakan conference aja deh, biar CLEAR permasalahannnyaaaaaa!!!

    Reply
  • March 27, 2011 at 4:47 pm
    Permalink

    Only In VIDEO RECORDED inside plane, We TRUST :)

    Reply
  • March 27, 2011 at 5:14 pm
    Permalink

    konfirmasi roy suryo kepada kami wartawan di jogja, dia tidak pernah bertemu terlebih berbicara dengan kapten vino dan ernest… roy hanya berkomunikasi dengan pramugari dan ground handling lion air

    Reply
  • March 27, 2011 at 7:13 pm
    Permalink

    Roy suryo, Politikus SAMPAH!!!

    Reply
  • March 27, 2011 at 9:41 pm
    Permalink

    Heran2 Orang2 Partai Demokrat brengsek2 tapi ok ya dipilih sih?
    Coba aja ceck nih daftar2 manusia paling ngeselin se Indonesia org demokrat semua:
    Ruhut Sitompul “gak punya muka tp mulut besar”
    Marzuki Ali “ketua DPR paling o’on yg pernah ada”
    Roy Sukro
    Ulil Abshar “kecoak” abdala
    dsb…..

    Reply
  • March 27, 2011 at 11:58 pm
    Permalink

    hahaha, secara gw pejabat gitu

    sepertinya pejabat indonesia kok pada aneh2 yak

    Reply
  • March 28, 2011 at 10:41 am
    Permalink

    namanya juga anak2 hehehehehee

    Reply
  • March 28, 2011 at 6:49 pm
    Permalink

    Siapa berani katai aku, emang kalian semua tidak tahu aku ” AKU ARTIS NEGARA ” tak dor….. mampus lu, kegiatan saya padat mulai senin balik senin, gaji tak naik-naik ” MAU NAIK ” malah turun lagi, udah turun masih di hujat ” UDAH PULANGKAN SAJA AKU KE RUMAH ORANG TUAKU”

    Reply
  • March 28, 2011 at 7:32 pm
    Permalink

    Coba Mas Roy naik Sumber Kencono saja, dijamin tidak ada yang protes double-seat :D

    Reply
  • April 14, 2011 at 11:20 am
    Permalink

    sekali-kali pejabat itu penting di usir apalagi udh salah naik pesawat lagi dan sampai berebut kursi pula…sementang dia anggota DPR gtu…tidak ada betulnya itu semua pejabat…..otaknya aja mw koruptor semua tuh.
    Anggota DPR terlalu banyak omong di gedung dpr,,,,semua ciut…….basmi dulu para koruptor tuh…

    Reply
  • May 22, 2011 at 7:54 pm
    Permalink

    ROY memang ANJINGGGG….

    Reply
  • June 6, 2011 at 4:45 pm
    Permalink

    salut sama capten…. gua engginer maintenance plannernya lion air…gak terima kalau ac ditumpangi orang sok…. RS tau diri lu berasal dri masyarakat yg hak dan kwjban kta sama.

    Reply
  • January 29, 2012 at 3:12 pm
    Permalink

    bagaimana tanggapan anda bung roy tentang (jika terjadi) kesalahan system sehingga bisa double seat? silahkan sebagai pakar IT kami berikan kesempatan untuk menjelaskan….

    Reply
  • Pingback: Roy Suryo salah naek pesawat - Kocak Gan.. no hoax - Ceriwis - Indonesian Community

  • January 12, 2013 at 4:00 pm
    Permalink

    Jadi sudah b anyak beberapa kasus Pejabat ingin men ang sendiri dengan dalih apa pun sekali pun kenyataan salah….neknek…….Indonesia emang pikun pimpinannya juga sudah tau begitu coba liat beberapa waktu lalu org sidang tentang rakyat dia Malah Molor nyenyak tau-tau bangun dah jadi Menpora hahahahahah gimana yach ?

    Reply
  • January 13, 2013 at 10:10 am
    Permalink

    Memang mental pejabat sekarang ini jauh dari mental seorang pemimpin. Padahal mrk juga bukan oran ter pandai, tapi terpilih, yg milih juga siapa? Seringkali terjadi salah pilih, jd bukan yg terpandai yg dipilih tapi yah yg spt Roy itu. Tapi anehnya perangai mrk spt orang super, mauny dilayani rakyat bukan melayani. Kapan para pejabat itu sadar ya. Sayang… Banyak org2 pandai yg berperilaku baik tdk terpilih utk jadi pajabat.. Sayang..

    Reply
  • January 13, 2013 at 7:25 pm
    Permalink

    Adu kini kok jadi menteri, apa SBY ngak dengar dan tahu kelakuannya?
    Heran deh.

    Reply
  • January 24, 2013 at 7:45 pm
    Permalink

    ngga tau malu pejabat anjing

    Reply
  • March 14, 2016 at 10:20 pm
    Permalink

    Halaaahhh.. pejabat apaan lu… hrsnya sbg anggota DPR itu lbh hati2 dalam bertindak.. jelas2 itu bkn kursi km.. dr tiketkan keliatan kl si Ernest yg berhak
    . Apapun alasannya yaitu dimajuinlah.. double sitlah.. itukan tiket ernest sdh jelas… kalau ga disorakin pasti lu jg ga mau turunkan??? Ga gampang lo jd anggota DPR… mending jadi kepala RT aja dulu .. belajar mimpin warga yg kecil dulu deh.. okey SURYO?????

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *