Gru bercita-cita menjadi maling yang mahsyur. Kesuksesannya mencuri layar LED di Times Square menjadi remeh ketika seorang maling kemarin sore sukses mencuri Piramida Giza. Gru (Steve Carell) yang mulai tidak relevan di kalangan maling, berencana merebut predikat maling nomer satu dengan mencuri bulan. Rencana jahat itu nyaris gagal ketika mesin penyusut massa Gru direbut oleh maling muda dan mutakhir bernama Vector. Setelah semua usaha merebut kembali mesin itu tidak membuahkan hasil, Gru memanfaatkan tiga anak yatim untuk menyusup masuk ke markas Vector.

Film ini digarap oleh Chris Meledandri, sineas jebolan Fox Animation. Dengan seransel pengalaman semasa produksi Ice Age dan The Simpsons, pada tahun 2007 Meledandri hengkang dari Fox untuk mendirikan studio animasi Illumination dengan film perdana “Despicable Me”.

Maka sebetulnya membandingkan animasi Despicable Me dengan Toy Story 3 atau How to Train Your Dragon tidak bisa adil, karena Pixar dan Dreamworks berbekal pengalaman satu dekade lebih, sementara Illumination baru seumur jagung. Memproduksi animasi memerlukan pengalaman dan alur kerja yang matang. Di lain sisi, seni bertutur cerita (storytelling) adalah abadi, maka satu-satunya senjata Despicable Me ada di storytelling. Dan sayangnya, alur cerita dan dialog yang segar tidak ada di Despicable Me. Film ini terlalu banyak mengandalkan lelucon dan slapstik yang tidak relevan.

Memang tidak semua lelucon nggak relevan itu menjerumuskan. The Simpsons bisa mengocok perut penonton dengan lelucon semacam itu karena mereka telah memberi ruang dan waktu bagi penonton untuk membangun “dunia” dalam imajinasi mereka. Demikian juga Shrek. Tanpa disangga kesepakatan imajinasi dengan penonton; Despicable Me hanyalah rangkaian adegan lucu bersambung-sambung yang mengalir tanpa arah.

Despicable Me
Tagged on:

8 thoughts on “Despicable Me

  • July 13, 2010 at 1:02 pm
    Permalink

    Animasi 3D? setuju ttg betapa beratnya.
    pernah buat sekedar animasi orang sholat 3D. Subhanallah… hours.. with result just enough to pass a test.

    Btw, itu animasi 3D semua Motion Capture atau ga ya? ga bisa ngebayangin kalau pakai mouse aja…

    Reply
  • July 13, 2010 at 2:28 pm
    Permalink

    tapi kamu temenin aku nonton ini yaaaa :D hihihi kamu bobo aja sambil megangin popcorn, aku nonton, penasaran aja pengen liat :D lagian belum ada film layak tonton lain kan di sanaaaa? :D

    Reply
  • July 13, 2010 at 3:01 pm
    Permalink

    woghh.. hany mau ke jogja …
    jangan meremehkan ya.. di jogja sudah tayang valkrie kok

    Reply
    • July 14, 2010 at 3:10 pm
      Permalink

      masa sih masa sih masa sih ;) ga percaya ah, pasti hoax :D

      Reply
  • July 21, 2010 at 12:58 pm
    Permalink

    Keren abisssss,
    Lucu, mengharukan,,pokokya top markotop

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *