“Kalau kerja di industri telekomunikasi Indonesia, enak di operator apa vendor?” tanya seorang insinyur yang masih fresh-graduate.

Teman saya banyak yang kerja di industri telekomunikasi seluler. Ada yang di operator seperti Telkomsel dan XL. Ada pula yang kerja di vendor jaringan, seperti Ericsson dan Siemens. Rantai pekerjaannya simpel: vendor membuat dan merawat jaringan seluler milik operator (diantaranya merawat BTS), dan operator menjual layanan telepon seluler ke konsumen.

Karena memang terletak di rantai paling akhir, pekerjaan di vendor memang lebih berat. Engineernya harus kerja keras memastikan jaringan selulernya jalan dengan baik, juga memenuhi requirement-requirement operator yang rewel. Marketing vendor pun harus kerja keras meng-entertain orang operator agar tidak pindah ke lain vendor, apalagi di saat kompetisi antar vendor yang semakin ketat. ‘Entertain’ bisa berarti menemani dugem, menemani karaoke, atau ‘menyelipi’ voucher belanja. Tentu saja bisa berarti menyelipi dengan yang lain, atau menemani yang lain.

Tetapi, kerja di operator juga tidak lebih enak, selain harus memastikan jaringan mereka lancar, mereka juga harus meng-entertain sosok yang lebih tinggi lagi: pejabat Dirjen Postel yang berkewajiban menentukan sebuah jaringan seluler layak jalan atau tidak.

“Kalau kerja di industri telekomunikasi Indonesia, enak di operator apa vendor?” tanya seorang insinyur yang masih fresh-graduate.

Enak di Dirjen Postel dong ;)

Pekerjaan Paling Enak
Tagged on:

10 thoughts on “Pekerjaan Paling Enak

  • April 1, 2007 at 7:55 pm
    Permalink

    hehehehehehe….koment pertama…yihiiiiii…

    Reply
  • April 1, 2007 at 8:10 pm
    Permalink

    kalo saya paling suka jadi graphic designer mas.. hehehe.. piss… :)

    Reply
  • April 2, 2007 at 8:47 am
    Permalink

    gw pernah mikir2 Mon, kalo misalnya gw jadi orang yang di-entertain, gw harus di-entertain dgn apa ya? main golf aku ga suka. travelling kali ya? :)

    Reply
  • April 2, 2007 at 11:01 am
    Permalink

    ‘Entertain’ bisa berarti menemani dugem, menemani karaoke, atau ‘menyelipi’ voucher belanja
    weleh enak bener ditemenin..??

    Reply
  • April 3, 2007 at 1:03 am
    Permalink

    wah wah aq telat info neh kayanya…

    Reply
  • April 3, 2007 at 1:04 am
    Permalink

    yoa mang cepet kaya kerja gituan,

    Reply
  • April 3, 2007 at 3:42 pm
    Permalink

    pekerjaan paling enak…??
    yang enjoy tapi banyak duitnya kali ye…..
    tapi, ada gak yach…??

    Reply
  • April 7, 2007 at 3:14 am
    Permalink

    the secret of happiness is in liking what one does, not in doing what one like. so, kalau kitanikmati, kerja apa pun pasti enak. apalagi kalau banyak duitnya.

    Reply
  • May 16, 2007 at 4:30 pm
    Permalink

    weh….
    been there done that deh mas…

    masalahnya, yang meng-entertaint itu dosa ga yah?

    mumet!

    Reply
  • September 19, 2009 at 7:35 am
    Permalink

    kalo ane, enak jdi dosennya…
    kan bisa ngajari murid2nya yg calon dirjen, vendor, ama calon opeatornya
    haahah

    Reply

Leave a Reply to freeman Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *