Obama Romney Debat Presiden AS

Obama nampak membuang muka, sementara Mitt Romney dari partai Republikan melemparkan serangan-serangan jitu. Pada malam debat pilpres di Denver, Romney tiba-tiba bersinar dan Obama meredup. Akan tetapi yang terburuk datang seminggu kemudian.

Setelah Obama memimpin jajak pendapat di atas 3% selama berbulan-bulan, pada tanggal 10 Oktober angka-angka polling berbalik menjagokan Romney. Untuk pertama kalinya, Romney memimpin 3% di atas Obama. Tiba-tiba ia menjadi calon presiden yang harus dipertimbangkan.

Perjalanan Romney menuju gedung putih bukanlah jalan yang mulus. Selama berbulan-bulan ia menjadi sorotan karena menolak menunjukan perhitungan pajaknya. Bulan Juli dia mengatakan London tidak siap menjadi tuan rumah Olimpiade, sehingga membuat sekutu dekat AS naik pitam. Bulan Agustus, pidato pencalonannya di konvensi Partai Republikan tidak berhasil menggenjot angka jajak pendapat. Yang terburuk adalah video pidato Romney yang direkam sembunyi-sembunyi. Dalam video itu Romney berpidato di ruangan tertutup, mengatakan bahwa ia tidak peduli 47% warga Amerika.

Obama, di lain sisi, menikmati bulan Juli dan Agustus yang indah. Walaupun kondisi perekonomian AS masih belum membaik—tingkat pengangguran masih di atas 8%—hasil jajak pendapat nampak lebih mempercayai Obama. Pidatonya di konvensi partai Demokrat tidak mengelegar seperti tahun 2008. Namun pidato ibu negara Michelle Obama dan orasi Bill Clinton sukses membakar massa pendukungnya.

Denver

Denver adalah titik balik. Romney yang selama ini digambarkan sebagai investor kaya raya dan pionir outsourcing ke  Cina, tiba-tiba muncul sebagai sosok yang peduli terhadap rakyat kecil Amerika. Argumen Obama yang kompleks: jaminan kesehatan, aborsi, subsidi, energi alternatif, keringanan pajak, pendidikan; mentah oleh janji Romney yang sangat sederhana. Romney menjanjikan pekerjaan bagi rakyat Amerika.

Beberapa janji Romney memang seperti melenceng dari sikap konservatifnya pada awal kampanye. New York Times mengatakan perubahan Romney beresiko membuat pemilih mempertanyakan konsistensi dan keaslian sikapnya.

Kubu Obama berusaha menahan laju popularitas Romney dengan menembakkan iklan-iklan negatif di udara. Di Ohio, yang diprediksi akan menjadi penentu kemenangan pilpres AS, Obama menghabiskan dana 62 juta dolar untuk membeli slot iklan tv. Kubu Romney menghabiskan 65 juta dolar. Di skala nasional, Obama membeli 347 juta dolar di mana 85% diantaranya adalah iklan negatif. Romney menghabiskan 386 juta dolar dan 91% dipakai untuk iklan negatif.

Libya

Pada debat kedua di New York, Obama tampil agresif menyerang Romney. Obama menyerang Romney yang tidak konsisten dan tidak rinci memaparkan rencana ekonominya. Romney menyerang pemerintahan Obama yang gagal mengangkat lapangan kerja. Puncaknya terjadi ketika debat menyentuh serangan di kedutaan AS di Libya.

Berdiri di depan Obama, Romney menudingkan telunjuknya dan mengatakan Obama gagal mengidentifikasi bahwa serangan tersebut adalah tindakan terorisme. Sebelum Romney menyelesaikan kalimatnya, Obama memotong. “Saya mengatakan itu adalah aksi teror.”

Romney tampak terkejut.

Dan sebelum Romney bisa melanjutkan bantahannya, moderator Candy Crowley memotong, “Sebetulnya ia [Obama] mengatakan bahwa itu adalah aksi teror.” Suara tawa hadirin terdengar sayup-sayup.

Sandy

Walaupun pengamat menilai Obama memenangkan debat kedua, namun polling tidak bisa kembali pada angka sebelum debat Denver. Obama hanya bisa mengerem Romney, tapi tidak bisa lagi memimpin jajak pendapat. Debat ketiga dan terakhir di Florida juga tidak mampu membalik polling Romney yang selalu memimpin di 1 persen.

Hingga kemudian datanglah Hurricane Sandy.

Obama menghentikan kampanyenya selama 3 hari untuk fokus menangani badai Sandy.

Chris Christie, Gubernur New Jersey—negara bagian yang terkena dampak paling parah dari badai Sandy, memuji kesigapan Obama dalam memutus rantai birokrasi penanganan bencana. Christie adalah gubernur dari partai Republikan dan juga suporter Mitt Romney. Walikota New York, Michael Bloomberg, juga memberikan endorsement kepada Obama. Bloomberg mengatakan bahwa intensitas badai Sandy adalah salah satu akibat dari perubahan iklim, dan Obama adalah calon presiden yang lebih peduli terhadap perubahan iklim.

Pengamat statistik politik Nate Silver, mengatakan bahwa studi ilmiah belum bisa menjawab apakah bencana alam berpengaruh terhadap pilpres. Namun, sejak badai Sandy, polling memang berbalik mendukung Obama, walaupun hanya berbalik tipis.

6 November

Hingga 5 November, polling belum bisa menjawab siapakah yang akan menjadi presiden AS hingga tahun 2016. Kebanyakan polling hanya menempatkan Obama 1% di atas Romney. Angka ini masih di dalam margin of error, sehingga kedua kandidat berpeluang memenangkan kontes kepresidenan AS.

Polling di tingkat negara bagian juga menunjukkan pertarungan yang ketat. Sehari sebelum hari pemungutan suara, Real Clear Politics menunjukkan bahwa Obama memimpin dengan mengumpulkan 201 suara negara bagian, sementara Romney tertinggal di angka 191. Untuk memenangkan pilpres, seorang kandidat harus mengumpulkan 270 dari 538 suara negara bagian. Dengan demikian, pilpres 2012 ini ditentukan hanya oleh 12 negara bagian yang pertarungan suaranya masih ketat.

Jika Romney dan Obama sama-sama memperoleh 269 suara negara bagian, maka presiden akan dipilih oleh DPR AS (yang dikuasai oleh partai Republikan) sementara wakil presiden akan dipilih oleh Senat AS (yang dikuasai oleh Demokrat).

Dengan demikian bukan tidak mungkin Amerika akan dipimpin oleh Mitt Romney dan Joe Biden—wakil presiden Obama.

Apakah Obama akan terpilih menjadi presiden AS?

16 thoughts on “Apakah Obama akan terpilih menjadi presiden AS?

  • November 5, 2012 at 10:32 pm
    Permalink

    Gw besok bakal jadi Panwas Pemilu. We’ll see yaaa. Di DC and Maryland sini sih blue tapi Virginia is a tossup.

    Reply
  • November 5, 2012 at 11:06 pm
    Permalink

    Kemarin diceritain sama senior citizen di sini kalo Oklahoma dulunya blue state tapi belakangan ini berubah jadi red state.

    Reply
  • November 5, 2012 at 11:47 pm
    Permalink

    ketika melihat debatnya kagum saya sama mereka.. debatnya elegant dan dipandu dengan baik juga…

    kapan Indonesia bisa seperit ya… semoga besok yang terbaik yang terpilih deh…

    Reply
  • November 6, 2012 at 9:17 am
    Permalink

    bakal terjadi lagikah calon yg menang secara popular vote kalah dari calon yg menang di electoral college vote?

    Reply
    • November 6, 2012 at 10:04 am
      Permalink

      Itu peluangnya lebih tinggi daripada peluang terjadinya Romney-Biden.

      Reply
  • November 6, 2012 at 11:09 am
    Permalink

    Sayang sekali Obama kurang berhasil menjual keberhasilannya. Krisis 2008 sangat memukul perekonomian Amerika. Amerika juga tengah kelelahan dengan perang bertahun-tahun melawan ‘teroris’ di Afghanistan dan Irak yang mana perang itu hasilnya tidak sesuai harapan. Obama berhasil menahan bahkan sedikit memperbaiki perekonomian Amerika yang sedang dedel duel. Romney, yang akan membawa kembali ideologi perang republikan, malah berhasil tampil memukau dalam setiap sesi debat.

    Reply
  • November 6, 2012 at 2:22 pm
    Permalink

    postingan yg sangat komprehensif, intisari dr apa yg kubaca dr berita politik di flipboard dan aku ga mudeng :))

    yakin mon, ndak mau jd pengamat komunikasi dan strategi politik aje?

    Reply
  • December 12, 2012 at 9:05 am
    Permalink

    Unquestionably believe that that you said. Your favorite justification seemed to be at the net the easiest thing to be mindful of. I say to you, I certainly get irked even as folks consider issues that they plainly don’t know about. You managed to hit the nail upon the highest and outlined out the whole thing without having side effect , folks could take a signal. Will probably be again to get more. Thanks

    Reply
  • July 9, 2013 at 11:58 am
    Permalink

    hello there and thanks to your info ? I have definitely picked up something new from right here. I did however experience several technical points using this website, since I experienced to reload the web site lots of occasions previous to I may get it to load properly. I were pondering in case your hosting is OK? Now not that I am complaining, however sluggish loading cases times will very frequently have an effect on your placement in google and could damage your quality score if ads and marketing with Adwords. Anyway I’m including this RSS to my email and can glance out for much more of your respective exciting content. Ensure that you replace this again soon..

    Reply
  • November 25, 2013 at 12:12 pm
    Permalink

    Excellent write-up. I’d been reviewing constantly this web site and I am empowered! Useful details in particular the very last area :) I personally deal with such information a good deal. I used to be in search of this unique information for just a period of time. Many thanks as well as enjoy.

    Reply
  • November 27, 2013 at 6:30 am
    Permalink

    Generally I don’t go through posting on weblogs, nevertheless i desire to say that this particular write-up very forced everyone to think about and also undertake it! Your own way of writing has become shocked everyone. Many thanks, rather nice post.

    Reply
  • November 29, 2013 at 12:48 pm
    Permalink

    You know for that reason drastically on the subject of this specific matter, taught me to be in person accept is as true from a lot of assorted angles. It has the including people aren’t needed until it’s think about obtain using Female gaga! Your individual things excellent. Maintain it down!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.