hermansaksono

Patternless thoughts, pointless wisdom

Opinion - February 8th, 2011

Pembakaran Gereja di Temanggung

Belum kering air mata kita akibat pembantaian Ahmadiyah, hari ini terjadi lagi kekerasan beragama di Temanggung. Massa yang disebut-sebut dari FPI ini membakar Gereja Temanggung dan merusak sejumlah fasilitas publik.

Pembakaran Gereja Katholik Temanggung

Gereja Katholik Temanggung yang terbakar, foto dari Tommy Indra

Massa mengamuk setelah jaksa membacakan tuntutan 5 tahun penjara untuk tersangka kasus penistaan agama oleh Antonius Richmond Bawengan. Antonius dituduh menistakan agama karena mengedarkan selebaran yang mengatakan hajar aswad merupakan kelamin perempuan. Kecewa dengan tuntutan 5 tahun penjara yang dianggap terlalu ringan, massa yang berjubah dan bersurban lantas mengamuk.

Dari laporan Eri Sutrisno melalui Twitter, beberapa Romo dipukuli di Gereja Katolik Kanisius Temanggung. Eri juga melaporkan terjadi sweeping KTP di Temanggung. Orang yang tidak berjilbab dan beragama Kristen dipukuli. Sementara itu, Tommy Indra melaporkan kalau sejumlah suster diungsikan ke BRI, dan diberi pakaian biasa untuk menghindari kekerasan terhadap atribut agama.

BRI Temanggung

Suasana Di Depan Kantor BRI Temanggung yg bersebelahan dengan Gereja Katholik Temanggung, foto oleh Tommy Indra

Massa juga dilaporkan membakar dan melepari batu sekolah dan playgroup Shekina pada jam sekolah. Keponakan Tessy Penyami dikepung dan terjebak di dalam.

Ini sudah kesekiankalinya kekerasan beragama terjadi di Indonesia, dan saya yakin kejadian hari ini cuma akan mengulang pola-pola yang sama. FPI akan balik menuduh bahwa kekerasan itu terjadi karena umat Islam terprovokasi. SBY akan merasa prihatin. Polri berjanji akan mengusut, walaupun belum berani tetapkan tersangka. Dan kemudian akan muncul beberapa orang (yang mengaku) Islam yang setengah membela kekerasan itu.

Selama pola-pola seperti ini terulang terus, maka kekerasan beragama tidak akan pernah habis, dan justru bergulir lebih buruk.

***

Ini adalah developing news. Artikel akan terus diupdate jika ada perkembangan baru. Mohon tidak komentar yang memancing kebencian terhadap agama lain. Komentar yang melanggar akan dihapus.

Update 16.50: Gereja yang mengalami perusakan adalah Gereja Bethel Indonesia, Gereja Pantekosta Temanggung, dan Gereja Katolik Santo Petrus. (via Kompas)

Update 17.17: Kapolda Jateng mengatakan massa pelaku kerusuhan berasal dari pinggiran kota Temanggung dan luar daerah Temanggung. Mereka datang setelah mendapatkan SMS undangan mengikuti acara dakwah. (via Tempointeraktif)

Update 18.08: Romo Benny, pendiri Setara Institute, menjelaskan kalau tidak ada romo ataupun suster yang dipukul. (via Detikcom)

Update 9 Feb 2011: Foto-foto kondisi Gereja Santo Petrus Paulus setelah diamuk massa (via Pujusumarta):

Selain itu, belum ditemukan indikasi bahwa FPI terlibat dalam insiden ini.

130 Comments

  • Pendeta Antonius Richmond Bawengan ga ada kerjaan. Apa maksudnya mengedarkan selebaran seperti itu. Hayoo siapa yang salah……… hehehe

    • martyr

      dalam setiap agama pasti ada ajaran tentang menjadi martyr / syuhada. ya mungkin dia terobsesi untuk menjadi martyr itu…

      • child of God

        Ya beginilah situasi orang orang yang selalu mengaku yang paling benar yang paling segalanya dan kemudian selalu membenarkan kesalahan sendiri .Saya yakin anda-anda semua mengaku agama anda yang paling benar…nah…kalau sekarang ini bagaimana?? tempat ibadah di bakar di rusak, apakah itu yang di sebut sebagai ” membela agama” dan saat ini ada 2 kejadian yang berkaitan dengan agama, satu lagi pembantaian ” ahmadiyah” ……atau memang jalannya seperti ini..ya…saya ngak bisa berpikir…habis semua nya membawa agama…tetapi…kelakuannya ” TIDAK MENCERMINKAN AGAMA”.
        ” Marilah kita mengasihi semua orang” karena mereka umat Tuhan.

    • Mandau

      Ketika Masjid terkena bom d Palestina oleh Israel kalian smua marah, sakit hati dan benci.. Nah skrg kalian malah membakar Gereja…???? Apa itu di BENAR kan…??? Di Indonesia memang tdk ada yg berani membalas kalian krn kalian mayoritas… Tpi hanya Tuhan yg akan membalas perbuatan kalian… Kelakuan kalian juga pasti di lihat di dunia Internasional dimana posisi kalian adalah KAUM MINORITAS!!!

      • Sama, situ juga. Tuhan dibawa-bawa.

      • Kucing Garong

        Ini lagi minoritas kalimantan, yang anda bahas soal pembakaran kan dampaknya, bukan penyebab, nah kalo tuhan anda yang tiga biji itu dilecehkan anda mau? Soal mayoritas, salahkan ibu anda aja kok ngelahirin anda jadi minoritas…soal posisi di dunia ga ada pengaruhnya…buktinya Amerika aja ga mampu tuh hapus agama Islam…

      • sopanlah...

        kalian terlalu berlebihan… agama kami bukan untuk ejekan kalian.. nah ini akibatnya, agama bukan untuk mencari kesalahan. sesuatu yg sangat sensitif telah kalian langgar. lagian tu pendeta ngga ada kerjaan banget sihh, emang semua pendeta di tugasin bgt yah dari gerejanya,, ??

      • SAMURAI

        BOY… KALAU SEMPAT NEGARA LUAR MAYORITAS KRISTEN MARAH… HABIS SUDAH …. JANGAN SAMPI PERANG AGAMA…

      • Malaikat Izrail

        ya udah lah yang penting kita lihat diri kita masing-masing,introspeksi diri, sudahkah benar diri kita sendiri..
        Salam Perdamaian

      • Sumpit

        Kucing Garong anda koq bego banget.. Telinga anda yg salah dengar.. Di AAmerika ndk tuh yg nama nya penghapusan agama… Krn sumber anda salah mk nya pemahaman anda salah.. Org2 sperti anda lah yg merusak Pancasila & Bhineka Tunggal Ika di negeri ini… KUCING GARONG ANDA BENAR-BENAR BODOH!!!!!!!!!

      • Jeremoz jay

        Selalu mau menang sendiri kita kan ada hukumnya malah rumah ibadah yang jadi korbannya “Semestinya anda malu” dengan diri kalian Pasti HUKUM TABUR TUAI ITU AKAN BERLAKU BAGI KALIAN BUKAN BERARTI KITA GA BISA BALAS KITA LIHAT MNGKN BUKAN DISINI HUKUMANNYA BUAT KALIAN SETELAH ANDA MENGALAMI NAMANYA KEMATIAN BARU NYAHOOOO LUH…

      • die

        Itu beda situasinya bro, kalo di palestina emang si yahudi yg ngejajah pengen ngebangun perumahan, makanya mesjid di bakar. tapi di sini di Indonesia tidak begitu, kami mempersilahkan kalian yg minoritas untuk beribadah dengan nyaman menurut keyakinan kalian, tapi timbal baliknya apa ? malah nyebarin pitnah sana-sini, membuat provokasi, biar diserang sama yg mayoritas, biar kelihatan tertindas, padahal sebaliknya kan, kalian yg buat lingkungan jadi ga nyaman.

    • Sama, mereka juga nggak ada kerjaan. Ringan tangan dipelihara.

    • Bebito

      Koreksi, bro..
      Antonius Richmond Bawengan BUKAN SEORANG PENDETA.

    • ardath

      maksudnya untuk memecah belah persatuan negara kita kan dari dulu kalau bangsa kita adem ayem persatuan kuat dan perekonomian kuat banyak bangsa lain yang ketar-ketir tuh ya disisipkan orang-orang seperti ini untuk memecahnya, ya kaya bom bali dan bom2 lainnya lihat ketika bom bali pariwisata kita melorot terus turis2 lari kenegara tetangga kan nah bisa anda simpulkan sendiri….!!, seharusnya badan intelejen negara kita tuh harus kuat biar ndak kecolongan terus seperti ini soalnya negara tetangga tuh kalau langsung adu fiik dengan kita pasti kalah ya satu2nya cara dengan menggoyang kita dari dalam ya hati-hatilah sobat tetap jaga persatuan kita

    • Reza

      Bung, Antonius itu bukan Pendeta, jangan provokasi dong! Dia bukan hanya menjelekkan Islam tapi Katholik juga, faham ente?

    • iwan

      Bpk Antonius Bukan Pendeta bapak tsb berdosa, saya berdosa juga, anda kalian semua juga berdosa, Adakah dari kita semua yg hidup tanpa dosa, suci dll..jadi ga usah SOK SUCI, membela kebenaranlah…kebenaran tidak perlu dibela…kebenarannlah yang akan membela…berdamailah..

    • servant of God

      1. Antonius is not pendeta
      2. apa yg mrk lakukan adalah kompensasi. Apakah ajaran agama yg anda imani mengajarkan utk membalaskan kesalahan org kepada org yang gak bersalah
      3. Q mengimani : ampunilah mrk Bapa sebab mereka tidak tau apa yg mrka lakukan. Amin

  • Jessica

    Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi AKU berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

    Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi AKU berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

    • Kucing Garong

      Naah…gitu dong..this verse explain everything…makanya gak boleh ada yang protes lagi…kan udah dilarang tuh ma tuhan kalian…

      • Phillipe

        Yesus Kristus ( Isa As ) mengajarkan mengasihi sesama manusia…sebab DIA akan datang dan menghakimi manusia.
        Tuhan yang kami sembah maha kuasa…tidak perlu kami membelaNYA….kan aneh juga kalau Tuhan perlu di bela ????

      • Sumpit

        Wah KUCING GARONG emang Tuhan kalian gak ada ngelarang ya.. Pantesan penghancuran gitu d benar kan n d bela… Ampun dech….. Ck..ck..ck..

  • raharja

    ada yang bisa kasi penjelasan,apa sebenarnya isi dr selebaran yg dibagikan oleh Antonius Richmond Bawengan???
    sampai effeknya seperti ini =(

  • [...] This post was mentioned on Twitter by hermansaksono, alexander jordan s. alexander jordan s said: http://bit.ly/fREERq inikah yang namanya front pembela agama? pathetic #FPI [...]

    • Kucing Garong

      Betul…sama aja ma laskar salib versi agama anda…

      • iwan

        bro tidak ada laskar salib…kalau ada itu bukan ajaran Tuhan Kami Yesus Kristus…bertobatlah

      • Sumpit

        Laskar Salib jmn dulu bro.. Jgn modern gini… Dasar pikiran anda masih kolot n tradisional gitu jadi susah dech… Kasian ya anda nih…

      • jenggot wedus

        laskar salib…hahahaha….baru denger tuh.. emang kerjaannya apa laskar salib itu……. apa kayak laskar jihad gitu???? geblek….dipelihara….

  • kismis

    klo udah ngerusak gak tanggung jawab
    coba dalam ajaran apa kita boleh rusak properti orang, udah gitu gak tanggung jawab, sampai menghilangkan nyawa orang?

    darah mereka itu tanggungan kalian yang ikut serta meski tidak langsung
    keluarganya tidak ada yang menanggung hidup

    liat berapa banyak yang mati karena kalian meski cuma membunuh 1 orang saja

    • Kucing Garong

      Lah ini lagi asal posting…emang sampai ada korban jiwa? Kalo korban jiwa di Plaestina dan Iraq ma Afghanistan mah banyak…

      • Sumpit

        KUCING GARONG.. KUCING GARONG.. Pikiran anda benar2 sebatas KUCING.. Anda jg yg asal posting… Emang korban jiwa d Palestina dan Iraq ma Afghanistan itu d sebab kan oleh Gereja2 d Indonesia..? Umat Gereja jg ada kirim bantuan k Palestina bung..

  • saya yakin kejadian hari ini cuma akan mengulang pola-pola yang sama. FPI akan balik menuduh bahwa kekerasan itu terjadi karena umat Islam terprovokasi. SBY akan merasa prihatin. Polri berjanji akan mengusut, walaupun belum berani tetapkan tersangka. Dan kemudian akan muncul beberapa orang (yang mengaku) Islam yang setengah membela kekerasan itu.

    Ini.

  • f,ling

    Hukum mati saja antonius richmond itu…kabarnya orang itu anggota saksi yehova yang dibenci oleh kristen juga..karena saksi yehova ini selalu menjelek2kan kristen,islam dan semua agama…seharusnya kita semua bersatu untuk menghancurkan antonius richmond dan semua pengikutnya agar negara kita kembali aman dan saling berdampingan…tidak diganggu oleh pengacau2seperti antonius richmond ini

    • Wahyu

      Betul….saksi yehova sangat meresahkan…bahkan mengaku punya terjemahan Alkitab Dunia Baru sendiri..yang jelas pengikutnya justru dari kalangan intelektual yang menganggap Agama dan keyakinan itu sangat Rasional…….salah satu buku terlaris yang sangat menyesatkan itu adalah, karangan Frans Donald : ALLAH dan ALLAH itu sama

      Wahyu (Syrian Christian Ortodox)

      • iwan

        Apakah Tuhan Yesus mengajarkan untuk membenci kemudian membunuh…ga usah ikut-ikutan yang sesatlah….

      • Crhisty

        Antonius Richmond itu bukan anggota Saksi Yehuwa, dia justru beragama Katolik. Yang menuduh Antonius sebagai anggota Saksi Yehuwa adalah keuskupan Katolik di Semarang. Juru bicara organisasi Saksi Yehuwa telah mensomasi keuskupan Katolik Semarang dan mengklarifikasi langsung ke Antonius.

        Baca selengkapnya di : http://www.suarapembaruan.com
        masuk ke menu buka tanggal 23 Feb, hal.14. dan Tanggal 17 hal.14.

        Hati-hati mendiskreditkan kelompok minoritas tertentu tanpa ada data akurat (jangan sampai kasus Ahmadiyah cikeusik terulang dgn cara berbeda). Speak by data, jangan mudah terprovokasi atau memprovokasi orang lain untuk menekan kelompok minoritas tertentu atas dasar rumors atau desas-desus.

    • netral

      Pak, Bu, Mas, Mbak, Dek, dll..
      tolonga ya, kalo mau ikutan berpartisipasi untuk menggalang perdamaian, jangan memprovokasi orang lain.

      Berdasarkan pengalaman yang ada, hal itu hanya bisa menyebabkan timbulnya kerusuhan yang semakin parah.
      Jadi bersikaplah netral, jangan bawa agama/aliran tertentu karena anda pun tidak tau kebenarannya bukan?

      Coba baca kembali komentar anda

      “Hukum mati saja antonius richmond itu…kabarnya orang itu anggota saksi yehova yang dibenci oleh kristen juga..karena saksi yehova ini selalu menjelek2kan kristen,islam dan semua agama…seharusnya kita semua bersatu untuk menghancurkan antonius richmond dan semua pengikutnya agar negara kita kembali aman dan saling berdampingan…tidak diganggu oleh pengacau2seperti antonius richmond ini”

      apakah itu pantas untuk diucapkan oleh seseorang yang ingin menggalang perdamaian.
      Mohon analisa dulu kebenarannya.
      Kalo belum ada bukti yang akurat, tidak usah dikomentari. kasian rakan-rekan lain baik yang mayoritas ataupun minorotas.

      Terima kasih untuk kerjasamanya.

  • steff

    satu kata terkutuk…………….

  • Fidelis

    Ini malah pada ribut agama…
    Bahkan di sini juga

    Udah ga usah pada saling nyalahin agama laen

    Kenapa pengen damai susah banget sih

  • eng

    Harus mengampuni 70 x 7 kali (Mat. 18: 22). Kita harus mengampuni Antonius, kita juga harus mengampuni orang-orang yang membakar rumah ibadah. Semoga pemerintah bisa menangani dengan baik.

  • aku ingin Indonesiaku damai!! jauhkan kami dari seteru jahat yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan!! Aku Rindu Indonesiaku yang damai!!

  • anton ingus

    “Massa mengamuk setelah jaksa membacakan tuntutan 5 tahun penjara untuk tersangka kasus penistaan agama oleh Antonius Richmond Bawengan. Antonius dituduh menistakan agama karena mengedarkan selebaran yang mengatakan hajar aswad merupakan kelamin perempuan. Kecewa dengan tuntutan 5 tahun penjara yang dianggap terlalu ringan, massa yang berjubah dan bersurban lantas mengamuk.”

    pantes aja umat agama yang merasa di lecehkan marah. seandainya agama antonius dilecehkan seperti itu pasti dia juga marah.
    hanya saja marahnya orang berbeda-beda

    • Wahyu

      Agamanya Antonius jelas bukan Kristern atau Katolik…Indonesia aja yang salah memasukkan Saksi Jehova sebagai bagian sekte dari Agama Kristen..jelas-jelas ajarannya berbeda doktrin….skrg uang kena akibatnya malah umat nasrani……Kementrian Agama yang gak beres…..

  • mega

    meskipun kau membakar seribu gedung gereja, tak akan mengguncang kekristenan umat kristiani. karna gerejayang sesungguhnya ada pada hati umat TUHAN.. Semoga Tuhan mengampuni yang bersalah, karna sesungguhnya mereka tidak tau apa yang mereka lakukan.

    • santa

      Yup benar saudariku, Gereja yang sesungguhnya ada di hati umat Tuhan, fisik gereja hanya simbol saja, semoga Tuhan mengampuni siapa pun pemicu semua ini.

  • buzusima

    mestinya gak usah saling menghina antar agama.
    semua sudah punya keyakinan masing-masing.
    hidup tidak akan pernah tenang kalo terus-terusan terjadi kekerasan.

  • gombloh

    lemah lemah teles

  • yoka

    Ingatlah Kita diajarkan tentang HUKUM KASIH…..
    jadi jangan kawatir dan jangan takut…..toh yang terpenting adalah bagaimana kita di mata Tuhan, bukan dimata Manusia yg msh suka mencari kesalahan orang dan membenarkan diri sendiri……
    jangan saling menyalahkan krn yg tahu kita benar atau salah hanya Tuhan!!!!karena DIA hakim yang adil……

  • Theo

    sudahlah…
    kapan habisnya kalau gini terus….

  • Orang Kristen Gerejanya bukan di gedung pisik

    Semoga Damai sejahtera ada di bumi kita ini.

    btw ada yang tahu isi selebaran nya?

    dan disebut2 hajar aswad itu sapa ya?

  • loro omong

    Tansah eling lan waspodo.
    manembah ngabekti marang Gusti.
    ojo nindakake pegawean kang diwaleri.
    awet Gusti ora sare.

  • DV

    Hmmm.. thanks updatenya, Mon.

  • Scevorz

    Ada AKIBAT karena ada PENYEBABnya.. Untuk menciptakan suatu perdamaian maka kita harus saling menjaga satu sama lain, jangan sampai ada yang tersinggung perasaannya… Macan aja kalo diganggu ngamuk juga kok…

  • ali

    Harusnya antonius dihukum sesuai bukti dll dan mereka yang membakar gereja dan melepari batu ke anak anak sekolah , dll juga jangan luput dari hukum dong.

    Hukumnya dijalankan , anarki jangan dibiarkan ! Kenapa penegak hukumnya bersikap lamban ?

  • ali

    lagi lagi FPI lagi lagi FPI

    kenapa warga biasa semuanya harus dirugikan karena ulah FPI dan aparat serta pemerintah diam saja ?

  • shinigami

    emang siapa yang nyebut massa dari FPI? bener gak tuh infonya om, polisi aja masih menyelidiki. jangan ASBUN ah..!!

  • Bram

    Semoga Tuhan mengampuni yang membakar dan merusak gereja. Tuhan memberkati.

  • shinigami

    apa sih yg bikin orang-orang bisa begitu aja percaya Eri Sutrisno di twitter?

    http://www.tempointeraktif.com/2011/02/08/312037/

  • jj

    seharusnya kita malu sebagai warga negara indonesia, bisa dikatakan saya tidak bangga dengan bangsa ini. karena pemikiran yang masih menggunakan hukum rimba, main hakin sendiri, dan yg lebih parah gampang terprovokasi. tidak bisa berkembang.
    Siapa yang salah………………..!!!!!!!

  • JH

    anjing lah yang tukang bakar, jangan maen keroyokan,, sini tarung satu lawan satu,, sebutin nama tempat nya,, kita buktiin siapa yg lebih hebat,, taek

  • Axel

    Tuhan itu maha Kasih. Tuhan tidak pernah minta dibela. Tuhan tidak pernah repot dengan siapa yang sesat atau kafir. Tuhan justru repot karena banyak orang yang suka menganiaya, membakar tempat ibadah, dan membunuh manusia sambil menyerukan namaNya…. Bukankah nama Allah itu sangat suci?

  • ERIS

    Ajaran Kristen adalah Tuhan yang membela kita, bukan kita yang membela Tuhan sambil berteriak menyebut nama NYA SAMBIL MEMBUNUH ORANG YANG TIDAK Seiman

  • Garuda

    @Polisi (pemerintah) : klo mau tegas tuh mestinya sama orang2 perusuh kek gini nih (preman berkedok agama)… mereka jelas2 melanggar Pancasila sama aja dengan penghianat negara. kalau memang tidak sanggup menegakkan Pancasila harusnya minta bantuan keamanan swasta atau negara lain aja.. yang mungkin bisa lebih tegas.

    disarankan diadakan pendidikan P4 (pedoman penghayatan pengamalan Pancasila) untuk semua pengkotbah dari semua agama (jika perlu diadakan di semua sekolah), jadi diajar utk saling toleransi sehingga bukan orang buta memimpin orang buta… yang hanya membuat kekacauan.. sekalian meminimalisir perkembangan teroris yg berkedok agama.

    @masyarakat : semua org lahir tidak membawa agama, dan tidak bisa pilih lahir di keluarga yang beragama tertentu, jadi berhenti saling menghina… yang jelas ajaran yang datangnya dari Tuhan, tidak mungkin mengajarkan utk melakukan kekerasan, membenci apalagi membunuh… be smart guys.

  • REPTURE

    Semua diijinkanNya terjadi untuk mendatangkan kebaikan dan coba tengok ke belakang masing-masing saat ini sedang terjadi KESELAMATAN YANG LEBIH BESAR DAN DAHSYAT.
    Tuhan Yesus bertahta diatas hati yang letih lesu dan berbeban berat….
    Tuhan Yesus bertahta di hati yang hancur, di tiap tetesan air mata….
    Banyak hati telah dimenangkan dan semakin banyak orang menjadi lemah lembut.
    Terimalah keselamatan mu keselamatan keluarga mu dan anak cucu mu…. Tuhan Yesus memberkati.

  • Berny

    OMG..
    My mother came from Solo, Indonesia. We plan at the end of this year will move to Solo. After all the riots in Temanggung city makes me scared to live in Solo..

  • Scevorz

    Saya sebagai muslim sangat tidak setuju dengan adanya pembakaran gereja itu… Saya pikir itu sebuah tindakan yang tidak terpuji, hanya satu orang yang menistakan agama Islam tetapi kenapa yang lain dari golongan mereka jg di cap jelek? Saya pikir umat kristiani ada yang baik dan ada yang jahat, begitupun Islam ada umatnya yang baik dan ada juga yang jahat….
    Jadi marilah kita tetap bersatu , jangan sampai hanya karena segelintir orang yang tidak bertanggung jawab merusak kerukunan kita sebagai umat beragama…. Damai itu indah :)

    • janelee

      setuju :)
      saya rasa baik atau buruk/jahatnya manusia bukan dilihat dari agamanya. jadi mari, kita bersikap dewasa, tidak menyalahkan kepercayaan yg lainnya.

      saya beragama nasrani dan saya punya banyak teman2 muslim yang saya sayang dan hormati, dan saya yakin mereka pun menganggap saya demikian.

      kelakuan buruk beberapa orang bukan tanggung jawab seluruh agama, kekejaman beberapa negara pun saya rasa begitu.

      lebih baik kita bersatu, membaharui cara pikir kita, menghargai satu sama lain, dan terus mengingatkan diri kita sendiri agar jangan sampai ada kejadian yang sangat disayangkan seperti ini :)

      • scevorz

        seandainya semua masyarakat Indonesia sudah bisa berfikir dewasa seperti anda.. maka damailah negeri ini.. :)

  • Al Buqer

    Biarla Allah yang membalas semuanya…… usut tuntas dan Hukum pelakunya seberat2nyaa…. Aparat jangan diam sajaaaaaa. Tanggggggkap pelakunya, provokatornya dan dalangnya…. jangan pandang bulu….. Aparat tidak perlu takuuuuut… maju terus…. Hai bangsa Indonesia bangsa yang besar yang punya toleransi gotong royong peninggalan nenek moyang kita….. jangan terprovokasiii…. mari kita bangun kembali gereja yang telah terbakar…… mari kita jalin silaturahim persaudaraan !!!

  • alter

    nnti TUHAN aja yg akan memblas perbuatan mereka….

  • Aozora namida

    Sudahlah,, kami warga Temanggung selama ini bisa hidup berdampingan dengan baik, bahkan di Rawaseneng, gereja hanya beberapa meter dari masjid. Ini hanya ulah orang luar yang berpikiran dangkal, mudah diprovokasi lewat sms, dan berpikir bahwa kekerasan menyelesaikan masalah!! Jangan salahkan juga negara terus2an, kita sebagai warga jangan hanya bisa menuntut, tapi apa yang telah kita lakukan untuk negara juga patut dipertanyakan!! Walaupun gereja kami dirusak, kami tidak mendendam.. Cinta dan kasih akan menyelesaikan semuanya. Lagian lihat tv donk, antonius th penganut Evangelis, bkan Kristen atau Katolik!

  • Budiyanto

    Menyebarkan buku, selebaran ya boleh-boleh aja lah. TINGGAL ANDA dan batin anda mau mengikuti kepercayaan yang mana.

    Gua tinggal di kampung Arab, tapi gua tidak percaya akan ISLAM, mau tiap hari dengar Azan mageribb ya ngga berubah. Makanya ISLAM itu TAKUT, takut kalau banyak warga yang pindah Agama. HUH

    • scevorz

      bung budi maaf saudara…. Islam tdk pernah takut kalau umatnya berpindah agama… Dan Islam tidak pernah memaksakan seseorang untuk memeluk Islam itu sendiri… damai itu indah

      • nuwun sewu Mas, kalo gitu kenapa sring kali ada pendirian bangunan ibadah, yang sering teriak2 adalah dengan alasan “anti pemurtadan”?

      • scevorz

        :) itu sih pemikiran orang disekitarnya. kayaknya ada aturan juga kok dari pemerintah tentang pendirian rumah ibadah. mari kita melihat di negara lain. ITALIA pernah melarang pembangunan masjid. SWISS negara demokrasi pernah melarang pembangunan menara mesjid, apa itu juga alasan “anti pemurtadan”? dan kemudian pembakaran Al-quran di Amerika? bagaimana… saya tidak mengatakan ajaran agamanya yang mengajarkan hal itu tetapi saya yakin itu dari diri mereka pribadi. 1 yang berbuat maka yang disekitarnya akan terbawa-bawa…
        tergantung dari diri pribadi kita sih bagaimana menyikapinya… :) damai itu indah

  • Aozora namida

    Setuju untuk pernyataan mz budi yg pertama, patut dipertanyakan: gara2 sebuah selebaran, merusak gereja, pengadilan, sekolah, kendaraan, penganiayaan fisik! menunjukkan begitu mudahnya seseorang diprovokasi. Diperlukan suatu pendewasaan iman, saya rasa tidak ada satu agamapun yang mengajarkan kekerasan! Perbedaan sebenarnya adalah dari tiap individu yang menyikapi masalah, ada yg “MARAH” atau “MENDOAKAN”,, tinggal pilihan anda ada di mana, jika anda bukan individu yang berpikiran dangkal dan bodoh, tentu anda bisa memilih yang mana^^

  • Intropek

    sebenarnya dalam kasus ini tidak ada yang benar keduanya salah. yg satu apa sih motifnya menyebarkan selebaran itu? yg satunya tidak melihat itu secara proposional, lihatlah itu secara individu bukan golongan.
    mari kita intopeksi diri, saling menjaga dan menghormati satu dengan yang lain.

  • sudah lama saya ragu yang katanya orang Indonesia memiliki budaya adiluhung…

    jadi kangen Gus Dur ;)

  • REVOLUSI

    kejadian2 seperti ini ga pernah ada waktu alm. benny moerdani masih hidup dan menjabat pangkopkamtib.

    negara ini perlu orang2 seperti beliau. bukan petinggi2 militer lemah seperti sekarang ini.

  • rere

    smuanya sama – sama salah yang satu ngehina yang satu ngebakar aduh indonesia apa coba

  • rere

    pada inget bhineka tunggal ika kan nah harusnya rakyat indonesia bangga punya semboyan itu . berarti indonesia cinta damai dan cinta kesatuan diatara perbedaan

  • Boleh berkomentar, tapi ingat kita adalah minoritas, biarlah kita berdoa kepada Tuhan supaya mereka yang berbuat diberi ampunan dan diberi kesadaran, di lain waktu mengerti akan kasih.

  • anonim

    Allah kita Allah yang hidup. Apa yang kita khawatirkan,bila Tuhan di pihak kita.
    Ampuni orang yang membakar gereja, tidak ada gunanya kita balas dengan kekerasan pula,karena mereka sudah terlanjur kepenuhan oleh iblis-iblis.

  • nokia

    belajarlah saling mengasihi karena kita manusia adalh umat allah,dan setiap manusia yang lahir tdk pernah membawa agama dr lahir jd berdamailah karna kita adlah sama ciptaan allah yang paling mulia dr seluruh ciptaannya yang lain,mempuanyai akal dan pikiran.

  • dp

    rpanya masyarakat Indonesia sdah tdk bisa memknai apa itu ” Bhineka tunggal ika”.. smua pada main hakim sndri.. mri kta serahkan sma aprat pnegak hukum biarlah merka yang mengaturnya.. kok kta kan negara hukum… tentang si antonius sbnrnya tndakannya sdh trllu klewatan.. saya sbagai orang Khatolik sngguh menyesal ats penistaan trhdap agama islam…

  • Hamba Tuhan

    Semua agama pasti menistakan kekerasan, ketika kekerasan terjadi atas nama agama, kita pasti menolak jika orang-orang itu adalah orang-orang agamis meskipun secara fisik bercirikan agama. Marilah kita berkaca pada dirikita sendiri. Apakah Tuhan akan bangga melihat emosi kita meletup-letup sambil mulut kita menyebut namanya sementara tangan kita menghajar sesuatu yang kita anggap berdosa, hina dimata manusia dan kelompoknya. TIDAK Tuhan selalu membela yang lemah, Tuhan itu lemah lembut dan baik hati, Tuhan itu penyayang terhadap semua umat. Tuhan akan menangis apabila ada hambanya yang meluapkan emosi piciknya dengan menyebut nama-Nya.


Leave a Reply