Pesta Blogger Jogja 9 Oktober 2010

Untuk ke-tiga kalinya, Jogja akan dilalui acara roadshow Pesta Blogger. Untuk tahun ini, Pesta Blogger Jogja akan diadakan tanggal 9 Oktober 2010, Sabtu malam. Informasi lebih lengkap akan diumumkan oleh panitia di blog, twitter, dan plurk. Silahkan pantau satu, atau ketiganya. :)

Jika tahun lalu kita merayakan keberagaman budaya yang mengalir rukun di kota ini, maka tahun 2010 ini panitia ingin merayakan keberagaman komunitas di sekeliling Jogja. Ada banyak sekali komunitas online yang setiap hari mengisi denyut-denyut internet dengan cerita, opini, foto, video. Banyak dari mereka rutin kopdar dan membuat kegiatan yang nyata. Keberagaman ini adalah sesuatu yang harus disyukuri, dibanggakan, dan dipelihara.

Tetapi komunitas yang hidup sendiri-sendiri tidaklah menguntungkan. Komunitas yang sudah besar tidak dapat mendampingi komunitas yang baru lahir. Demikian juga komunitas yang masih muda: tanpa adanya silaturahim, energi mereka tidak dapat mengilhami komunitas yang sudah matang.

Jika kita ingin mendudukan Pesta Blogger Jogja dengan pas, maka kegiatan PB Jogja harus menjadi titik di mana komunikasi antar komunitas menjadi ada (meminjam istilahnya Lantip). Jika di kemudian hari lahirlah forum komunikasi komunitas online, tentu akan menjadi dinamika yang menyehatkan. Tetapi untuk saat ini, ada baiknya tidak tergesa-gesa memikirkan perangkat bernama lembaga, karena yang dibutuhkan adalah network komunitas yang rukun dan saling bekerja sama.

Saya sungguh berharap PB Jogja dapat menjalankan tugas itu. Dan mewakili seluruh panitia PB Jogja, saya mohon doa restunya supaya dapat menyelenggarakannya dengan baik dan lancar.

Baca juga:

Menuju Pesta Blogger Jogja 2010
Tagged on:

15 thoughts on “Menuju Pesta Blogger Jogja 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *