Era awal Internet diisi oleh orang-orang biasa. Grassroots. Mereka mencerminkan suara masyarakat yang jujur, berpendidikan tinggi, dan terbuka. Tidak banyak yang menyadari bahwa Internet yang di kala itu masih bayi, kelak akan menjadi medium yang mempercepat perubahan sosial, mengubah paradigma bisnis, dan menggeser kekuatan politik.

Jaman sekarang Internet telah dipahami betul potensinya. Mulai dari hal-hal positif yang akan dibawanya, dan kerugian yang dapat ia ditimbulkan. Industri rekaman AS adalah yang termasuk menyadari kerugian yang ditimbulkan file sharing internet, dan mereka menginginkan Internet berubah melalui SOPA. Rumah Sakit Omni menyadari betapa mudahnya cerita buruk tentang pelayanan medis mereka menyebar dengan kecepatan berlipat-lipat di Internet. UU ITE menghukum pencemaran nama baik dua kali lebih berat dibanding KUHP, karena DPR menilai pencemaran nama baik di Internet lebih mudah menyebar.

Akan tetapi, mengubah internet berarti mengubah sifat alamiahnya yang tidak terpusat dan merdeka. Kita sudah memiliki internet dan menikmati kemerdekaannya. Mengapa mereka yang ketinggalan kereta ingin mengubah internet? Mengapa bukan KUHP yang direvisi untuk menghapus pasal karet pencemaran nama baik? Haruskah negara memblokir situs internet, apakah tidak bisa masyarakat menentukan sendiri apa yang ingin mereka lihat dan apa yang tidak?

Saya berharap bisa memperoleh diskusi untuk permasalahan-permasalahan itu dalam konferensi Internet at Liberty 2012 di Washington DC tanggal 23-24 Mei 2012 ini. Konferensi ini akan mempertemukan aktivis global dengan kalangan akademisi, bisnis, media, pemerintah dan NGO melalui seminar dan perdebatan yang nampaknya akan sangat seru. (Presentasi PowerPoint dilarang dalam acara ini).

Konferensi ini akan mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk memecahkan batas-batas kemerdekaan berekspresi online; hubungan yang kompleks antara teknologi, pertumbuhan ekonomi, dan hak asasi manusia; cara-cara warga dan pemerintah menggunakan internet; peran penengah internat; serta isu-isu penting kebijakan dan hukum, seperti privasi dan cybersecurity.

Saya akan melaporkan catatan-catatan saya selama mengikuti Internet at Liberty sepulang dari Amerika Serikat. Selama konferensi saya akan mencoba melivetweet melalui akun Twitter @hermansaksono. Jika ada pertanyaan dan isu yang bisa saya diskusikan di sana, silahkan dikirim pada di bagian komentar posting ini. :)

DISCLOSURE: Kehadiran saya dalam Internet at Libery disponsori oleh Google Inc. Google tidak meminta saya untuk menulis tentang acara ini.

Internet at Liberty 2012 di Washington

7 thoughts on “Internet at Liberty 2012 di Washington

  • May 14, 2012 at 10:41 am
    Permalink

    Barokalloh..

    I am waiting for your report…

    Dunia ga mudah untuk dipahami, tapi mungkin sebenarnya mudah untuk diselesaikan.

    Good luck!

    Reply
  • May 14, 2012 at 4:29 pm
    Permalink

    wow keren nih…. di update terus mas… di tunggu kabarnya.. semoga kemerdekaan kita di internet tidak tergerus habis.. :)

    Reply
  • May 19, 2012 at 11:50 am
    Permalink

    Sukses dan makin berjaya, Bro…
    Semoga hasil dari sono tentang kebebasan berinternet bisa pula diterapkan di negeri ini.

    Reply
  • May 29, 2012 at 9:08 am
    Permalink

    Keren.. Sekarang udah balik belum mon? Ditunggu oleh2 tulisannya yang lebih komprehensif.. ;)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *