Setelah kunjungan pertama di Universal Studios Singapore dua tahun yang lalu, theme park ini sudah ketambahan tiga wahana baru: Madagascar, Battlestar Gallactica, dan Transformers. Semua terinspirasi dari film.

Seperti biasa, setelah berjalan menuju ujung Hollywood Boulevard kita bisa belok ke kiri untuk masuk ke Madagascar, atau ke kanan untuk menuju New York. Universal sengaja merancang jalur kiri untuk pengunjung anak-anak dan keluarga, sementara jalur kanan untuk pengunjung dewasa. Saya mengambil jalur kanan.

Transformers Bumblebee di Universal Singapore

Transformers: The Ride

Di jalur kiri kita akan menemui wahana Transformers yang baru saja dibuka awal Desember 2011 lalu. Wahana ini membawa kita ke pertempuran antara Autobot dan Decepticon. Dengan menaiki robot EVAC, pengunjung diberi tugas untuk menyelamatkan elemen Allspark dari incaran Megatron. Dan tak lama kemudian markas NEST akhirnya diserang oleh Decepticon. Bersama Bumblebee dan Optimus Prima, Anda harus menyelamatkan Allspark diantara serangan rudal Megatron dan tenaga luar biasa Devastator.

Saya tidak akan membocorkan spoilernya, tapi ini adalah termasuk wahana theme park terbaik yang pernah ada. Dengan menggunakan teknologi proyeksi 3D high definition dan berbagai efek khusus, kita akan ditarik masuk ke dalam pertarungan robot-robot raksasa di antara rimba-rimba beton kota New York.

Transformers Allspark Universal Singapore

Wahana ini menggunakan teknologi lengan robotik KUKA yang juga digunakan untuk Harry Potter and Forbidden Journey di Universal Florida. Konon Universal memiliki hak eksklusif untuk memakai KUKA selama 10 tahun. Jadi Disney masih harus menunggu sampai 2017 kalau mau membuat wahana seperti Transformers.

Mungkin karena masih pagi dan saya di Universal pada hari Jum’at, maka antriannya cuma 5 menit. Di hari sibuk, antriannya bisa mencapai 90 menit. But it was worth it, dan anak-anak usia 5 tahun ke atas juga bisa ikut menikmati Transformers bersama orang tuanya.

Battlestar Gallactica

Rollercoaster berduel ini rusak dua minggu sebelum kunjungan pertama saya ke Universal.  Setelah penyebab kerusakan itu ditemukan (tempat duduk rollercoasternya lepas), desain rollercoasternya diganti, dan diuji; 13 bulan kemudian wahana ini kembali dibuka.

Universal Battlestar Gallactica

Rollercoaster ini mengisahkan pertarungan antara manusia dan suku alien yang bernama Cylon. Dan sesuai namanya—duelling coaster—pengunjung akan diadu hingga nyaris tabrakan. Anda bisa memilih untuk menaiki Blue Track (alien) atau Red Track (manusia). Keduanya berbeda antrian dan berbeda kendaraan. Pada Red Track, penumpang akan duduk pada gantungan dan dibolak-balik. Sementara pada Blue Track, penumpang “cuma” duduk di atas kereta rollercoaster.

Saya lebih suka yang digantung (Blue Track), karena lebih seru dan menegangkan. Tsah! Yang kurang suka tantangan bisa naik yang duduk saja (Red Track). Menurut Universal, walaupun lebih konservatif, Red Track lebih kuat tarikan G-Force-nya. Tapi tetep, saya lebih suka Blue Track.

Antrian wahana ini sekitar 35 menit di hari Jum’at. Lebih lama daripada Transformers yang 5-15 menit.

Madagascar: Crate Adventure

Setelah memompa adrenalin di Transformers, Battlestar Gallactica, dan The Mummy; penelusuran di Universal Singapore berakhir di wahana Madagascar. Sebagai pendinginan, wahana ini oke juga sebetulnya.

Madagascar Universal Singapore

Madagascar mengkombinasikan istana boneka dengan kisah Madagascar. Alex, Marty, Gloria, dan Melman menjadi hidup ketika penumpang masuk ke wahana ini menggunakan kapal. Kisah yang dibawakan, hampir sama persis dengan film-nya. Anak-anak akan menikmatinya, orang dewasa juga akan menikmatinya untuk merenggangkan otot yang letih ketika hari sudah mulai sore.

Dengan Tiga Wahana Baru

Dengan diluncurkannya tiga wahana baru sejak pertama dibuka dua tahun yang lalu, Universal Studios Singapore sudah sah menjadi theme park yang dapat dikunjungi sehari penuh. Tersedia pilihan thrill-ride yang memuaskan orang dewasa, dan diimbangi pilihan wahana untuk keluarga yang membawa anak-anak. Jika dibandingkan dengan Hong Kong Disneyland yang harga tiketnya hampir sama, Universal menawarkan hiburan yang lebih banyak untuk pelancong Asia Tenggara.

Yang menjadi masalah di Universal Singapura adalah tempatnya yang terlalu kecil, sehingga perpindahan dari area New York ke Sci-Fi City—misalnya—terasa terlalu mendadak. Hal ini tidak terjadi di Hong Kong Disneyland. Dan mungkin karena lokasinya di Singapura, theme park ini terasa kaku dan mengatur. Di Universal, kita tidak diperbolehkan memotret isi wahana, petugas akan selalu memperingatkan dan larangan itu ditulis di sepanjang antrian. Di Hong Kong Disneyland, kita bisa terang-terangan membawa kamera dan petugas bahkan tidak melirik.

Hong Kong Disneyland sangat asyik dikunjungi, namun untuk ongkos yang sama Universal Singapura menawarkan lebih banyak wahana. Hong Kong Disneyland akan lebih memuaskan seteleh Grizzly Rollercoaster dibuka tahun ini, dan rumah hantu Mystic Manor tahun 2013. Namun Transformers masih akan susah dikalahkan, sampai Disney membuat wahana dengan KUKA.

Transformers & Battlestar Gallactica Universal Singapore

3 thoughts on “Transformers & Battlestar Gallactica Universal Singapore

  • January 24, 2012 at 5:15 pm
    Permalink

    Wah, pas aku ke sana tahun kemarin, Transformer belum ada.
    Tanggung jawab mon, marai pingin :p

    Reply
  • January 24, 2012 at 10:07 pm
    Permalink

    wah banyak yg riview transformer the ride, jadi pengen bgt nyobain.. tp ga mungkin .. haha

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *