Super 8

Kemahiran sineas JJ. Abrams telah menyihir saya dengan Cloverfield. Ketika mengetahui kalau sutradara muda itu berkolaborasi dengan Spielberg, mau tidak mau, saya punya ekspektasi tinggi. Apalagi judul filmnya Super 8—format film jadul—saya menduga JJ Abrams akan mengulangi apa yang keren dari Cloverfield.

Super 8 dimulai dengan sebuah kecelakaan pada sebuah pabrik yang menewaskan ibu Joe Lamb (Joel Courtney). Kecelakaan yang disajikan implisit itu mengawali film dengan suasana mencekam.

Berusaha melupakan tragedi itu, Joe bersama Charles dan teman-temannya sibuk membuat film zombie memakai kamera super 8. Keasikan geng kecil itu tambah marak ketika Alice (Elle Fanning) bergabung menjadi aktris untuk film mereka.

Pada saat syuting di sebuah stasiun kereta, sebuah kecelakaan kereta api yang fatal menghancurkan kamera super 8 Charles. Belakangan Joe dan Charles menemukan sosok mirip alien pada rekaman super 8 itu, sesudah berbagai keanehan terjadi di kota mereka. Setelah beberapa orang hilang dan puluhan oven microwave lenyap, nasib kota itu mungkin ada di tangan Joel.

Aktor cilik Joel Courtney dan Elle Fanning membawakan karakter mereka dengan bagus, dan didukung oleh ensemble yang sukses melantunkan dialog-dialog lucu khas Spielberg. Pengaruh Spielberg memang terasa menempel di mana-mana. Mulai dari dialog, lelucon karakter, hingga ending-nya.

Rasanya, Super 8 seperti mau menjadi  E.T., namun tidak bisa mengulang kehangatan film 80-an itu. Di tengah film, saya merasa mengantuk, terutama saat nuansa mencekam hilang, dan beralih menjadi film action untuk anak-anak.

Super 8

4 thoughts on “Super 8

  • June 27, 2011 at 8:09 am
    Permalink

    Dah masuk Indonesia apa nonton film ini di US sana?

    Aku pengen nonton tapi anakku belum cukup umur untuk masuk bioskop… ngenteni DVD ne wae

    Reply
    • June 28, 2011 at 4:18 am
      Permalink

      Nontone di US sih. Iya ini cocok buat anak kecil umur 5 tahun ke atas menurutku. Gak ada yang kejam2 kok.

      Reply
    • June 28, 2011 at 4:22 am
      Permalink

      Iya nih, urusan pajaknya gak kelar-kelar.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.