Eun Kyoung Kwon persis seperti seorang wanita Korea dalam bayangan kita. Gerak-geriknya tertata, berbicara teratur, dan tutur katanya cerdas. Ia adalah manager internasional untuk situs berita The Daily NK, yang melaporkan situasi Korea Utara untuk dunia.

Maka pertanyaan pertama saya adalah “Bagaimana Daily NK mendapatkan berita dari Korea Utara?”

Korea Utara bisa dibilang sebagai negara yang paling tertutup sedunia. Tidak banyak yang diketahui dunia tentang Korea Utara. Semua pengunjung (sangat langka), diawasi terus gerak geriknya. Demikian juga informasi yang diperoleh rakyatnya. Media massa dikendalikan sepenuhnya oleh Kim Jong-il, Pemimpin Agung Korea Utara.

“Sumber kami adalah pelarian dari Korut, dan juga dari para penyelundup,” ujar Eun Kyoung Kwon ketika kami ngobrol di Foreign Press Center, Washington, D.C.

Melalui para informan inilah, Eun Kyoung memperoleh informasi terkini dari Korea Utara. Sebuah berita yang cukup menyayat adalah tentang hukuman mati untuk 3 orang maling. Tiga pencuri itu didakwa mencuri minyak tanah, kabel meter, dan jagung 50 kilo. Berita lain adalah jatah beras dan jagung untuk petani yang berkurang karena harus diberikan untuk tentara.

Akan tetapi tidak semua berita di Daily NK bernada pahit getir. Tilik saja artikel tentang Korean Wave, tentang pemuda-pemudi Korea Utara yang mulai gandrung memakai skinny jeans.

Tunggu… Korea Utara? Dan skinny jeans!?

Menurut Eun Kyoung, penduduk Korea Utara tergila-gila dengan drama Korea seperti “Smile Dong-hae” dan “Midas”. Sinetron-sinetron itu diselundupkan melalui DVD dari perbatasan di RRC. Akibatnya budaya mutakhir seperti skinny jeans ikut terbawa masuk ke negara tirai besi. Drama Korea telah memberi masyarakat Korut gambaran bahwa situasi di luar sana lebih baik, daripada yang diceritakan oleh Kim Jong-il.

Saya kemudian mencoba bertanya apakah Eun Kyung juga menggemari drama Korea. Ternyata ia jarang menonton. :D

Wah sama. Saya juga gak pernah nonton sinetron Indonesia.

Drama Korea Mencerahkan Korea Utara #CatatanDiAS

11 thoughts on “Drama Korea Mencerahkan Korea Utara #CatatanDiAS

  • June 24, 2011 at 4:03 pm
    Permalink

    wah menarik juga ya, tak hanya di korea utara. Di Indonesia juga banyak yang ketularan budayanya. Kalo dulu musimnya jepang2an, sekarang korea2an, besok mungkin zimbabwe2an.

    Reply
    • June 25, 2011 at 3:01 pm
      Permalink

      well, kalo’ cowok2 zimbabwe bisa bikin cewek2 abg histeris mungkin bisa juga…

      Reply
  • June 27, 2011 at 9:34 am
    Permalink

    Menarik!
    Tinggal tunggu waktu ya untuk keruntuhan diktator KorUt…
    Cuma masalahnya, mau nunggu dan sabar dan cukup usia ngga para aktivis itu :)

    Reply
  • June 27, 2011 at 12:13 pm
    Permalink

    jadi inget waktu korut ikut piala dunia kemaren dulu, semua media bingung gmn cari informasinya. banyak media nyedot info dari foreigner yg tinggal di Korut

    Reply
  • July 14, 2011 at 9:32 am
    Permalink

    Hebat bgt ya diktator yang menguasai media. Semua berita bisa tertutup.

    Reply
  • July 25, 2011 at 8:19 pm
    Permalink

    pemujaan mereka buat sang pemimpin begitu hebatnya, sampai diciptakan lagu khusus buat Kim Jong Il, judulnya No Motherland Without You, salut dah!!!

    Reply
  • July 25, 2011 at 9:55 pm
    Permalink

    hemmm mgkin gr2 ntu kaga ada drama dari korut,,tpi kn dmn2 org ntu mzti nyebutnya korea aja,g korea selatan atau korea utara,so napa g jdi 1 sXan aja…

    Reply
  • Pingback: Kim Jong-Il Meninggalkan Dunia Dengan Keanehannya - Politik - hermansaksono

  • Pingback: Jadiberita - Kim Jong-Il Meninggalkan Dunia Dengan Keanehannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *