Belum kering air mata kita akibat pembantaian Ahmadiyah, hari ini terjadi lagi kekerasan beragama di Temanggung. Massa yang disebut-sebut dari FPI ini membakar Gereja Temanggung dan merusak sejumlah fasilitas publik.

Pembakaran Gereja Katholik Temanggung
Gereja Katholik Temanggung yang terbakar, foto dari Tommy Indra

Massa mengamuk setelah jaksa membacakan tuntutan 5 tahun penjara untuk tersangka kasus penistaan agama oleh Antonius Richmond Bawengan. Antonius dituduh menistakan agama karena mengedarkan selebaran yang mengatakan hajar aswad merupakan kelamin perempuan. Kecewa dengan tuntutan 5 tahun penjara yang dianggap terlalu ringan, massa yang berjubah dan bersurban lantas mengamuk.

Dari laporan Eri Sutrisno melalui Twitter, beberapa Romo dipukuli di Gereja Katolik Kanisius Temanggung. Eri juga melaporkan terjadi sweeping KTP di Temanggung. Orang yang tidak berjilbab dan beragama Kristen dipukuli. Sementara itu, Tommy Indra melaporkan kalau sejumlah suster diungsikan ke BRI, dan diberi pakaian biasa untuk menghindari kekerasan terhadap atribut agama.

BRI Temanggung
Suasana Di Depan Kantor BRI Temanggung yg bersebelahan dengan Gereja Katholik Temanggung, foto oleh Tommy Indra

Massa juga dilaporkan membakar dan melepari batu sekolah dan playgroup Shekina pada jam sekolah. Keponakan Tessy Penyami dikepung dan terjebak di dalam.

Ini sudah kesekiankalinya kekerasan beragama terjadi di Indonesia, dan saya yakin kejadian hari ini cuma akan mengulang pola-pola yang sama. FPI akan balik menuduh bahwa kekerasan itu terjadi karena umat Islam terprovokasi. SBY akan merasa prihatin. Polri berjanji akan mengusut, walaupun belum berani tetapkan tersangka. Dan kemudian akan muncul beberapa orang (yang mengaku) Islam yang setengah membela kekerasan itu.

Selama pola-pola seperti ini terulang terus, maka kekerasan beragama tidak akan pernah habis, dan justru bergulir lebih buruk.

***

Ini adalah developing news. Artikel akan terus diupdate jika ada perkembangan baru. Mohon tidak komentar yang memancing kebencian terhadap agama lain. Komentar yang melanggar akan dihapus.

Update 16.50: Gereja yang mengalami perusakan adalah Gereja Bethel Indonesia, Gereja Pantekosta Temanggung, dan Gereja Katolik Santo Petrus. (via Kompas)

Update 17.17: Kapolda Jateng mengatakan massa pelaku kerusuhan berasal dari pinggiran kota Temanggung dan luar daerah Temanggung. Mereka datang setelah mendapatkan SMS undangan mengikuti acara dakwah. (via Tempointeraktif)

Update 18.08: Romo Benny, pendiri Setara Institute, menjelaskan kalau tidak ada romo ataupun suster yang dipukul. (via Detikcom)

Update 9 Feb 2011: Foto-foto kondisi Gereja Santo Petrus Paulus setelah diamuk massa (via Pujusumarta):

Selain itu, belum ditemukan indikasi bahwa FPI terlibat dalam insiden ini.

Pembakaran Gereja di Temanggung
Tagged on:

129 thoughts on “Pembakaran Gereja di Temanggung

  • February 11, 2011 at 1:52 pm
    Permalink

    Terkikisnya rasa kemanusiaan.. menjadikan agama tameng untuk saling merusak.. mereka mengaku islam tetapi tidak mau menerima arti perbedaan.. jika menurut mereka itu adalah agama yg salah.. membenarkan bukan dengan cara menghancurkan.. seolah agama sudah seperti lahan politik yg ingin musuh-musuhnya hancur…bersyiarlah.. berdebat dengan benar… agar saling mengerti, bukan malah menyakiti…

    Reply
  • February 11, 2011 at 2:50 pm
    Permalink

    sebenarnya ada apa dgn negara tercinta kita ini…mengapa akhir2 ini bangsa ini mudah emosional,sensitif dan pemarah…dimana peran tokoh2 agama,polisi,dan pejabat2pemerintah…semuanya lempar batu sembuyi tanggan entah mengapa,terkadan PANCASILA mulai di lupakan apakan akan di ganti dgn lambang lain? tapi apa yg dilakukan pejuang kita dulu pantas tuk di refleksikan…ketika kita berteriak garuda didadaku seolah tdk ada jarak sama sekali begitu juga ketika kita bilang ganyang malaisia…..mari kita renungkan apa yang akan kita lakukan kedepan KAWAN………….

    Reply
  • February 11, 2011 at 3:04 pm
    Permalink

    bagi saudara kita ahmadiah….bersabar dulu tenangkan pikiran jgn emosi…tetap berdoa kepada tuhan MU..karena negara ini menjamin kebebasan beragama….kalian selalu menjadi korban dari ketidak becusan PEMERINTAH di dalam mengambil keputusan2 itu.Kalian hanya di jadikan Boneka dari kaum elit politik2 bangsa ini….tetapi apa yang tejadi hari yg lalu,hari ini,dan hari yg akan datang..dapat di jadikan suatu pelajaran yg sangat berharga seperti kata2 Puitis”JANGAN TAKUT MENGHADAPI TEKANA SEBAB TEKANAN MAMPU MENGUBAH SEGUMPAL BATU BARA MENJADI INTAN PERMATA”….

    Reply
  • February 12, 2011 at 12:11 am
    Permalink

    Tuhan kok dibela. Lucu.

    Reply
  • February 12, 2011 at 7:25 pm
    Permalink

    Kami disini guna melawan keterbelakangan dengan pengetahuan.
    Kami dimotivasi oleh rasa cinta dan kemanusiaan bagi sesama.
    Kami memperjuangkan hak persamaan gender, penghilangan prasangka,
    kebebasan beragama, demokrasi dan kerukunan pergaulan umat manusia.
    Bantulah usaha kami dan sebarkan pesan kami tentang cinta dan persatuan ini.
    Bersama-sama kita dapat mengakhiri kebencian.

    Reply
  • February 13, 2011 at 12:21 am
    Permalink

    apa yang dapat memisahkanku
    dari kasih-Mu Tuhan sahabatku….
    aniaya kah? penindasankah ?
    tak satupun….
    tak satupun….
    tiada satu pun seperti Kau Tuhan
    Engkau sahabat sejati
    Dalam bahaya kau menggendongku
    Engkau Yesus sahabatku

    Reply
  • February 13, 2011 at 12:56 am
    Permalink

    Jesus berkata: Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.
    24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci oleh karena nama-Ku,
    24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.
    24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.
    24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.
    24:13 Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

    Reply
    • February 13, 2011 at 1:06 am
      Permalink

      Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

      15:18. “Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
      15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

      Reply
  • February 13, 2011 at 11:30 am
    Permalink

    Paling gampang mengadili kelompok minoritas!
    Gak pake pleidoi lagi, Hakim putuskan vonnis 5-tahun penjara untuk Anton Bawengan!
    Kalau golongan mayoritas yang jadi terdakwa, mana berani Hakim sewenang-wenang?
    Semoga para Hakim beroleh pengampunan atas kebathilan mereka.

    Reply
  • February 13, 2011 at 12:05 pm
    Permalink

    Anton Bawengan tidak punya kesempatan menyampaikan pembelaan dirinya di Pengadilan Negeri Temanggung! Main vonnis dan ketuk palu saja (satu kali!)
    Pada gak sadar, itu adalah kejahatan, sebab tidak memberi kesempatan seseorang terdakwa membela diri.
    Tinggal tunggu Pengadilan Akhirat saja, di mana tidak seorangpun mampu menghindari KEADILAN TUHAN!

    Reply
  • February 14, 2011 at 7:57 pm
    Permalink

    Dahulu kala bulan hanya ada 10, akan tetapi sesudah masehi bulan mencapai 12. Shg oktober mjd bulan ke sepuluh sdg desember bulan ke 12.

    Reply
  • February 15, 2011 at 9:10 am
    Permalink

    Sebenarnya banyak sekali diantara kita ini yang mudah diprovokasi atas nama AGAMA.
    Hal ini jelas sangat berbahaya jika kita semua tidak mau sadar dan malah terpancing emosi.
    Sebenarnya mereka-mereka yang bisa diprovokasi itu perlu dikasihani karena mereka tidak tau apa yang mereka lakukan.
    Jadi waspadalah, apapun agama kita, jangan mudah diprovokasi, jangan sampai kita mau melakukan hal-hal yang justru malah akan merugikan orang banyak.
    Maaf jika ada salah kata, saya cinta semua.

    Reply
  • February 15, 2011 at 10:42 am
    Permalink

    Yang terbaik adalah,mempertebal iman sesuai dengan ajaran Agama masing2.dgn begitu semua tindakan org lain tdk akn menggoyah iman kita.

    Reply
  • February 16, 2011 at 2:00 am
    Permalink

    beraninya di Jawa. Coba berani ke Papua.. Jago kandang..

    Reply
  • February 16, 2011 at 9:57 pm
    Permalink

    urusin diri kita dan klrga.. kalau mati udah yakin blom masuk surga.. jgn urusin agama anda.. agama tidak menyelamatkan..

    Reply
  • February 18, 2011 at 10:15 am
    Permalink

    bung… ini negara hukum, bukan kebun binatang yg mengajarkan hukum hutan rimba, yg bersalah biarlah hukum yg menjawab,,
    agama yg baik pasti mengajarkan etika yg baik pula.

    Reply
  • February 18, 2011 at 10:19 am
    Permalink

    beraninya cuma di jawa. kalian gak sadar dengan bencana di tempat kalian yg datang tiada habisnya.. itu adalah kutuk buat kalian.
    klo di daerahku kalian akan kami habisi……..
    mudamudahan segala kutuk menimpah anak istri hingga cucu kalian

    Reply
  • February 18, 2011 at 10:26 am
    Permalink

    wwwooooiii SUSILO BAMBANG YUDHOYONO.. dimana keberanianmu,,,, ini negara yg menjamin kebebasan beragama, bukan berdasarkan hukum islam, kacau negara klo bgini,,, mikir dong kamu ,, badan kaya kerbau,, rakyat seperti kucing liar kekurusan,,,, medahan sial keluargamu… CUUIIIIIIIHHHHHH…………….

    Reply
  • February 18, 2011 at 10:28 am
    Permalink

    FPI….. kailian lah perusuh bangsa ini…… babi kalian semua………………..

    Reply
  • February 18, 2011 at 1:05 pm
    Permalink

    ampunilah mereka TUHAN,
    karena mereka tidak tau , apa yang telah mereka perbuat…………..

    Reply
  • February 18, 2011 at 1:10 pm
    Permalink

    mudahan, bencana tidak akan melanda negeri ini.. tapi , kita manusia, hanya bisa berharap, TUHAN yg menentukan,,,
    tunjukan jalaMU bagi UMAT pilihanmu ini,,,,,
    AMIN…………..

    Reply
  • February 23, 2011 at 9:29 am
    Permalink

    Setelah 3 jemaah ahmadiyah kalian bunuh, kemudian gereja kalian bakar2. Gak perlu pembuktian lagi, agama islam adalah agama pembunuh dan penuh kekerasan. Agama paling tolol yang pernah saya pelajari….Negara manapun yang mayoritas islam pasti tidak maju,malahan miskin dan penuh kemunafikan…

    Reply
  • February 23, 2011 at 12:36 pm
    Permalink

    silahkan baca koran Suara Pembaruan hari ini tgl 23 Februari, yg menjelaskan pengakuan dari Antoniun Ricmond Bawengan,dan klarifikasi berita yg sangat salah sebelumnya di Suara Pembaruan Edisi 17 Febraari 2011.
    Oh yaa,kita memang sebaiknya saling toleransi,mengingat
    kebanyakan dari kita juga kadang tidak memeilih agama kt sendiri,mungkin saja faktor geografis/di mana kita dilahirkan bs menentukan agama apa kita,walaupun tdk 100%,kalau di India mgkn Hindu,di Arab Islam,di Roma Katolik,dll. Kita kan tdk minta dilahirkan di tempat tertentu bukan? Faktor lain bs jadi keturunan. Siapa yg melahirkan kita,jikanorangtua Muslim mgkn 95% kita Islam/Muslim,kalau Katolik,mgkn kt 95% Katolik,kalau K.Protestan,kalau Hindu,Budha dll. Lebih kurang samalah.KENAPA??? Krn dari kecil kita sdh dididik hal itu yg terbaik,tentu itu sgt tertanam kuat di hati kita. Orang lain juga begitu,jd marilah kita hargai sesama kita. Memang ada faktor perubahan agama dari orang perorangan yg sgt minim terjadi,misalnya karena cinta pada seseorang yg kebetulan agamanya beda,ada jg karena pengaruh teman bergaul yg dia simpati sama orang itu krn tingkah lakunya,atau mgkn dia kurang puas dgn kepercayaannya selama ini dan coba mengamati kepercayaan lain,atau karena orang tertentu sangat serius belajar dr Kitab Sucinya shg dia amati selama ini dia telah keliru,atau karena pekerjaan,dll. Apapun itu,kt tentu menghargai keputusan per-orangan didasarkan atas hak azasi manusia yg berpikir dan berkehendak bebas tentu jg bertanggungjawab pada koridor-2 yg berterima. Yg pasti setiap orang harus mempertanggungjawabkan kepercayaannya dan perbuatannya di hadapanNya. Kalau pencipta saja mentoleransi begitu banyak agama sekarang di muka bumi ini,mgp kita jd tdk toleran?? Toh semua orang bertanggungjawab padaNya?Bukan pada kita bukan? Kita sendiri belum tentu selamat kalau kita tdk menjalankan Hukum-2 dan Prinsip Ilahi yg telah Ia tetapkan. Maaf saya terlalau banyak bicara,krn dlm banyak bicara jg bisa banyak kesalahan,mengingat kita semua manusia yg tidak sempurna.SALAM.

    Reply
  • Pingback: Pembongkaran Makam Ahmadiyah - Politik - hermansaksono

  • May 2, 2011 at 3:59 pm
    Permalink

    Kalian gk sadar kalian merasa agama kalian uda paling benar…
    tabah kan ja hati mu temanggung
    karna yesus pernah bersabda..
    “kasihilah musuhmu, ”
    jika pipi kiri mu ditampar berikan juga pipi kanan

    serahkan semua dalam nama nya???

    Reply
  • February 8, 2012 at 10:48 pm
    Permalink

    sedih sekali rasanya teriak Allah HUakbar trus ngerusak warung2 kecil gak bersalah dan membakar tempat ibadah…. apakah agama tersebbut patut dicontoh,untuk bisa mencerminkan bahawa agam itu baik???

    Reply
  • February 8, 2012 at 10:51 pm
    Permalink

    M.Ali memang benar sabda tersebut , apakah kami pernah membalas perbuatan kalian?? kami mencoba berbuat baik dengan kalian dengan mendirikan sekolah gratis dan makanan gratis buat kalian…. toh ujung2 nya semua dibakar…. maksud kami itu semua baik

    Reply
  • February 8, 2012 at 11:11 pm
    Permalink

    pada saat saya live in disuatu desa di jateng ada kampung yg rata2 isnya orang muslim semua…bahkan ada 2 masjid disana…. tetapi orang disana sangat raamah2 bahkan ada 1 gereja yg dibangun disana ,dan orang 2 desa itu gak komplin bahkan mereka sangat menyambut dengan baik…. mereka bisa keluar masuk gereja dan tidak ada yg melarang…. juga orang 2 yg bereagama kristen didesa tersebut pada waktu bulan puasa mereka semua yg menyediakan makanannya baik saat sahur atau buka,….. sungguh pemandangan yg sangat indah>>>……

    Reply
  • May 7, 2013 at 12:57 am
    Permalink

    tong kosong berbunyi nyaring ..
    FPI JATENG

    Reply
  • May 7, 2013 at 1:02 am
    Permalink

    komenan yg ngga lazim dihapus dong woy !

    #hacker

    Reply
  • July 14, 2013 at 7:53 am
    Permalink

    I simply wished to say thanks once more. I’m not certain what My could possibly have carried out without the entire tips provided on your part on such question. This was a depressing concern in my circumstances, however , taking note of a new well-written strategy you have solved that took others to leap over joy. I’m happier for the help and then wish anybody are aware of an amazing job you’re putting in instructing some other people by way of your web blog. I am certain you have never got to know any of us.

    Reply
  • July 14, 2013 at 5:21 pm
    Permalink

    I simply wished to thank you so much all over again. I do not know the things When i would’ve created without the actual creative ideas provided by you concerning such a subject. It seemed to be a real intimidating matter in my opinion, however , encountering your skilled avenue your company dealt with the issue made anyone to weep with joy. I’m grateful for this guidance and in addition have high hopes you will are aware of a powerful job your are undertaking teaching the mediocre ones through a blog. Probably you haven’t come across all of us.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *