Penipuan berkedok Kapal Api

Pagi-pagi Mbak Ami, PRT keluarga saya heboh. Wajahnya berbinar-binar sambil menunjukkan selipat kupon dari bungkus kopi Kapal Api. Tertulis kalau ia memenangkan satu buah mobil Mazda.

Kupon itu dicetak menggunakan printer inkjet, kelihatan dari tinta yang tidak rata. Juga tertulis kalau pemenang harus membayar pajak hadiah sebesar 20%. Sukar mengakui kalau itu bukan penipuan. Tetapi siapapun yang melihat keriangan Mbak Ami menceritakan kemenangannya, pasti tidak punya hati untuk mengatakan yang sebenarnya. Kita cuma bisa mewanti-wanti kalau itu bisa saja cuma penipuan.

Kita mencoba menelpon hotline Kapal Api seperti yang tertera dalam websitenya, tetapi tidak diangkat. Akhirnya Mbak Ami menelpon nomor yang tertera di kupon. Di nomor itu, suara laki-laki kami dengar senyap-senyap. Ia minta didikte nomer PIN yang tertera di kupon itu, dan setelah dicek di komputernya, laki-laki itu mengucapkan selamat kepada Mbak Ami. Ibu dua anak itu memenangkan sebuah mobil Mazda. Begitu katanya.

Selanjutnya laki-laki itu menjelaskan bahwa hadiah akan dikirimkan ke rumah, tetapi Mbak Ami harus mentransfer uang jaminan sebesar 4,75 juta. Ini tidak dapat dinegosiasi, jaminan tidak bisa dibayarkan setelah mobil itu sampai. Ia meminta uang 4,75 juta itu ditransfer ke rekening rahasia Kapolri di Bank Mandiri dengan nomor rekening 127 000 561 666 7, atas nama Taufik Hidayat, SE. Laki-laki itu merapal “aturannya” dengan ketukan-ketukan tetap. Agak intimidatif memang.

Bagi saya, persyaratan itu jelas tidak masuk akal. Tapi bagi mbak Ami hadiah ini adalah berkah. Jika mobil hadiah itu dijual, ia bisa segera menyelesaikan kredit motor dan angsuran tanah. Pendapatannya bisa dialokasikan untuk selain membayar kredit. Di keluarga kami, Mbak Ami adalah simbol working class yang wajib menjadi panutan. Bersama suaminya yang tiap malam berjualan mie gerobak, ia menaikkan kesejahteraan keluarganya. Di desanya, ia sudah punya rumah gedong, dan sepetak sawah. Puteranya sekarang sekolah di SMP yang cukup bagus di Jogja.

Penipuan selalu menyakitkan. Dan sangat melukai mereka yang berusaha dengan bekerja. Kita yang tiap hari dihujami spam dan email money laundering dari Rwanda, mungkin langsung tahu kalau itu penipuan. Tapi bagi Mbak Ami, itu adalah harapan. Harapan yang kemudian kosong.

Siang harinya, orang rumah berhasil mendapatkan nomor telepon hotline Kapal Api yang lain. Operatornya menjelaskan bahwa kupon itu memang penipuan. Kapal Api tidak akan memungut uang dari pemenang (jawaban serupa dari Twitter Kopi Kapal Api).

Saya tidak tahu bagaimana Mbak Ami ketika mengetahuinya. Mungkin dia juga tidak apa-apa. Esok paginya saya bertemu dengannya, ia tetap ceria seperti biasanya.

Penipuan Dengan Kapal Api
Tagged on:

58 thoughts on “Penipuan Dengan Kapal Api

  • August 13, 2010 at 1:07 pm
    Permalink

    caramu “membungkus” peristiwa ini apik, mon.

    Reply
  • August 13, 2010 at 1:40 pm
    Permalink

    dan kapal api cuma satu dari ratusan aksi penipuan lain yg memanfaatkan keluguan sebagian konsumen. moga2 mbak Ami rejekinya lancar terus, tanpa harus tergiur kupon hadiah.

    Reply
    • December 11, 2010 at 7:18 pm
      Permalink

      Lha aq barusa jg dpet kupon kapal api berhadiah “grand Livina” asLine PT Santos mengadaka undian berhadiah gk sie??

      Reply
  • August 13, 2010 at 2:28 pm
    Permalink

    bulan lalu bapakku dapat kupon menang hadiah honda jazz rs dari cat danapaint dan wafer tango.

    kata bapak yg cat beneran ada di dalam kaleng cat, kalo yg wafer di kasih tetangga.

    pas tak cek di google, jebul banyak yg dapat juga, entah sudah berapa yg ketipu :(

    Reply
  • August 13, 2010 at 5:07 pm
    Permalink

    Kalau yang itu memang mesti harus pengalaman, setidaknya tahu perihal penipuan seperti itu mas…

    Reply
  • August 13, 2010 at 8:23 pm
    Permalink

    Mbak Ami masih terus menanyakan kapan Momon menikah nggak?

    *eh*

    Reply
    • August 13, 2010 at 9:12 pm
      Permalink

      Ndal … Momon bisa menjawab dia sedang menunggu kupon hadiah nikah tamasya gratis dari wadah dim sum.

      Reply
  • August 14, 2010 at 2:05 pm
    Permalink

    mon… tumben posting panjang :D

    eh Bapakku juga hampir kecele. dapet kiriman surat yg menyatakan aku menang motor dari undian HAI. emang sih sebelumnya aku pernah kirim kuesioner HAI, tapi 2 tahun sebelumnya

    Reply
  • August 14, 2010 at 2:56 pm
    Permalink

    Ga tega memang. Dulu juga sempet ditanyai satpam kantor yang saudaranya dapat undian dari Microsoft.

    Reply
  • August 14, 2010 at 4:26 pm
    Permalink

    ne q brusan dpet. . .mka’y q lgsung buka google bwt ngecek. . .eh penipuan jg. . .jancok

    Reply
  • August 15, 2010 at 10:58 am
    Permalink

    Bagus nih Mbak Armi, belajar manajemen harapan dan manajemen kecewa juga.

    Reply
  • August 16, 2010 at 9:38 pm
    Permalink

    itu beneran ada gag hadiah kayag gt,,???cz q juga baru dapet kemaren

    Reply
    • March 28, 2017 at 12:35 pm
      Permalink

      Tdinya sh % percya, tp stlah liat banyak yg kenak hilang kprcyaan. Mksh ats ifonya gay.

      Reply
  • August 17, 2010 at 5:06 pm
    Permalink

    menyentuh, meski jelas peristiwanya zadul. tapi tetep aktual
    * kok ora konsisten ki? :))

    Reply
  • August 19, 2010 at 8:18 am
    Permalink

    sama penjaga sekolahku juga dapat kupon dari kapal api, tapi bohong.

    Reply
  • August 23, 2010 at 11:54 am
    Permalink

    aaaaa, bagus nulisnya T__T jadi sedih T__T pupusnya harapan itu selalu bikin sedih, sih T__T

    Reply
  • August 25, 2010 at 7:17 pm
    Permalink

    wa juga baru dapet dari kopi kapal api,ngomongnya sih gak kena biaya apa2…..pajak dtanggung perusahaan n biaya pengiriman,tapi buat memasti kan wa bener2 pemenangnya,dsuruh transfer k rekening kapolda metro jaya sebesar 4,7juta……..djuancox sangat!!!

    Reply
  • October 6, 2010 at 7:54 pm
    Permalink

    lucu y,untung aku buru2 buka google,klu g.pst kenak bohongin.tanks mon

    Reply
  • November 22, 2010 at 11:53 am
    Permalink

    hari jum’at (19 nov 2010)niy gw dapet kupon undian didalam kemasan kopi susu ABC sachet setelah digosok ada tulisannya ‘SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 UNIT MOBIL NISSAN GRAND LIVINA’ disitu ada tertera nomor 021-9255 8415 dan 0821 8723 1117. setelah gw tlp yg jawab laki2…. yaaaa gw nanya ini bener atau bohong…. eh dia jawab kl bohong jangan telepon kesini (langsung ditutup tlp nya).
    kupon itu ada foto direktur utama sama gambar mobil, disertai 1 lembar kecil kertas ‘surat keterangan kepolisian’ dan surat seperti ucapan selamat berisi gambar sponsor.

    yg mau gw tanya in.. (kl bohong) koq bisa kupon ini masuk kedalam kemasan yg jelas2 kopi ini gw beli di supermarket terkemuka h*******t.
    Trus…. emang dari kopi ABC sendiri ga ada promo undian semacam itu yah….
    thanks.
    h3rwan@yahoo.com.sg

    Reply
    • November 22, 2010 at 12:39 pm
      Permalink

      Kan sachetnya tinggal dibuka, diisi kupon, lalu dilem lagi :D

      Reply
    • November 26, 2010 at 2:58 pm
      Permalink

      hari jum’at (19 nov 2010)niy gw dapet kupon undian didalam kemasan kopi susu ABC sachet setelah digosok ada tulisannya ‘SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 UNIT MOBIL NISSAN GRAND LIVINA’ disitu ada tertera nomor 021-9255 8415 dan 0821 8723 1117. setelah gw tlp yg jawab laki2…. yaaaa gw nanya ini bener atau bohong…. eh dia jawab kl bohong jangan telepon kesini (langsung ditutup tlp nya).
      kupon itu ada foto direktur utama sama gambar mobil, disertai 1 lembar kecil kertas ‘surat keterangan kepolisian’ dan surat seperti ucapan selamat berisi gambar sponsor.

      Reply
  • November 26, 2010 at 3:01 pm
    Permalink

    hari jum’at (19 nov 2010)niy gw dapet kupon undian didalam kemasan kopi susu ABC sachet setelah digosok ada tulisannya ‘SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 UNIT MOBIL NISSAN GRAND LIVINA’ disitu ada tertera nomor 021-9255 8415 dan 085211110137 setelah gw tlp yg jawab laki2…. yaaaa gw nanya ini bener atau bohong…. eh dia jawab bener dan hadiah disuruh ambil ke jkrt
    kupon itu ada foto direktur utama sama gambar mobil, disertai 1 lembar kecil kertas ‘surat keterangan kepolisian’ dan surat seperti ucapan selamat berisi gambar sponsor.

    Reply
  • December 3, 2010 at 10:02 pm
    Permalink

    Jum,at,02 Desember 2010, ayah saya membeli sebuah Kopi ABC Sachet, Setelah dibuka terdapat 2 buah kertas 1 buah kertas kecil, yg dimasukkan kedalam plastik kecil, 1 kertas bertuliaskan Surat Pemberitahuan Pemenag Undian 2. Kertas keterangan dari Kepolisian. 3. Kertas Kecil Undian ucapan Pemenang Undian 1 buah Mobil Grand Livina. Setelah saya telp nomor yg tertera dlm kertas undian 021 – 68078877 – 021- 68076677
    tlp tsb terhubung dengan seorang laki2 yg setelah saya kasih tahu tentang undian tsb.. dia mengucapkan selamat lalu di meminta no. PIN yg tertera undian. dia bilang benar bahwa nomor undian tsb memang benar ada lalu dia meminta saya untuk meminta mentranfer sejumlah uang sebersar Rp. 3.950.000 mengatas namakan Bendahara Samsat Polda metro jaya tp no rekeningnya blm diberikan dikarenakan saya meminta waktu untuk mentranfer unag tersebut sama minta dahulu no rekening tersebut tdk diberikan, selama saya meminta waktu tersebut saya menelpon Pikak kepolisian Polda Metro Jaya, divisi humas polda, setelah saya meceritakan tentang undian tersebut dia mengatakan bahwa pikah polda metro jaya tidak pernah bekerjasama dengan pihak perusahaan manapun untuk mengadakan undian tersebut dan itu penipuan katanya…alhamdullilah saya mengetahui sebelum saya mentranfer uang tersebut.

    Reply
  • December 24, 2010 at 3:47 am
    Permalink

    Berarti Penipunya bekerja sama dengan pihak pabrik/orang dalam perusahaan, bisa jadi juga orang dalam perusahaan. bagaimana bisa Kupon undian bisa masuk kedalam kemasan tanpa lecet/bekas/cacad.

    Reply
  • December 30, 2010 at 11:07 pm
    Permalink

    aku penggemar kopi bubuk, termasuk kapal api…
    tgl 27 desember 2010 aku minum kopi kapal api bersama temenku sebelem pencoblosan calon bupati di daerah kami (jembrana -bali)…
    aku terkejut melihat tmnku mendapat sebuah plastik di bawah tempat nongkrong di poskamling depan rumah…twewewewentg…terkejut dia mendapat hadiah mobil,,,tertera nama kapolri juga dsb. itu dari ‘Kapal api’…
    cb aku cek di google all about kapal api, ternyata boongan….
    saking gilanya temenku, dia kerjain balik tuh nomor yg ada….
    thx for all info kawan….
    lets be smart….
    hahaha…
    temenku gila, dia kerjain balik tuh nomor hp yg

    Reply
  • January 27, 2011 at 7:51 am
    Permalink

    aku juga dapat 1 unit mobil
    tapi aku ga’ percaya
    hehehehe
    gw kerjain aja tuh orang

    Reply
  • February 10, 2011 at 8:47 am
    Permalink

    moga moga mbak ami tetp semangat kerja dan gak terpengaruh ama orang orang usil yang sok kreatif gak bermutu…

    Reply
  • February 22, 2011 at 5:36 pm
    Permalink

    saya juga tertipu dengan promo in,,,
    masa dimintai duit 20 buat nebus grand livina,, pa g bajingan tu

    Reply
  • February 25, 2011 at 9:43 am
    Permalink

    tengs ya guys,gw jadi tau neh

    Reply
  • March 16, 2011 at 8:20 am
    Permalink

    cma nie w kena tipu promo kapal api…..maksaih ya atas info na….

    Reply
  • March 26, 2011 at 1:28 pm
    Permalink

    seriusan gak sih?
    sama kyk cerita2 yg diatas,
    ada dpt dr kopi kapal api abc
    mobil grand livina,
    trus surat tanda pemenang,
    sm surat dr kantor polisi polda metro jaya..
    pas di telp, katanya minta biaya buat stnk mobil
    sebesar 300.000 sbg penandatangan-an juga
    tp diblg mrk krja sama dgn telkomsel juga
    trus uangnya dikirim dlm bentuk voucher simpati aja sbesar 300rb
    bnar gak sih ini penipuan?
    soalnya biasa klo penipuan kan minta duit nya ampe juta2an,
    ini cuma 300 doang -,- ??

    Reply
  • June 27, 2011 at 7:17 pm
    Permalink

    penipuan kopi kapal api telah merugikan masyarakat yg herannya mengatas namakan kapolda sponsor yang kita herannya pihak kepolisian dan pihak derektur kopi kapal api tidak menindak dengan tegas pelakunya pada tidur tidur semuakah apa yng jelas penipuan ini melibatlan orang dalam pekerja pabrik krn kupon berada didalam bungkus kopi yg rapi tdk ada terobek dr mas tono sorong

    Reply
  • February 2, 2012 at 7:43 am
    Permalink

    Barusan OB kantor kasih liat kertas undiannya, wajah girangnya coba dia sembunyikan, sambil bilang, “Kalo ada yang mau ngurusin, aku dapet setengah juga gpp”.
    Sekarang setelah dikasih tau dia coba sembunyikan kecewanya dengan tersenyum….
    Thanks infonya mas Momon(tok) *hee

    Reply
  • March 16, 2012 at 11:38 am
    Permalink

    ini kami dapat promo undian mobil gran livina lengkap dengan surat keterangan kepolisian dan dari sponsor serta PT SANTOS JAYA ABADI yg ditandatangani tahun 2012 ini benar promonya atau ngak terus perusahaan kapal api tolong ini ditindak lanjuti karna merusak nama baik kapal api bagi masyarakat luas, trim,s

    Reply
  • July 1, 2012 at 8:24 pm
    Permalink

    Tapi heran sudah banyak yg mengeluh tapi Perusahaan ngada yg komplen,perlindungan custemer,atau yg berwenang diaaaammm aja!!
    mau di bawa ke mana kita ini….

    Reply
  • July 16, 2012 at 10:35 pm
    Permalink

    saya dapat kupon berhadiah “grand Livina” asLi PT Santos ada foto notaris ama direktur tapi minta jaminan 20% ????? saya mikir sangat panjaaaaaaaaang sekali … eh untung buka web hmmm nggak jadi deh … kupon masih saya simpan tapi nda pernah saya call nomer telp yg tertera… cuma di sms tapi nda di balas.. mungkin nda ada pulsa kali ya operatornya hehehehe

    Reply
  • December 11, 2012 at 12:31 am
    Permalink

    ceritaya gini,skitar 1 minggu yg lalu aku mnemukan kupon berhadia 1 buah mobil nissan livina.dri PT.SANTOS.beserta surat keterangan dri kapolda dan manager pt santos trsebut.pas sya tlpon nmor yg tertulis,eh engak di angkat2.untung aja sya bukak situs google.dan teryata emang bnar itu penipuan.Trim’s

    Reply
  • July 16, 2013 at 10:40 pm
    Permalink

    nice article. met puasa..yuk sedekah.. . let’s let go to scholl school. Congratulations go to school … thank you very much …keep up.

    Reply
  • June 9, 2014 at 9:30 pm
    Permalink

    Dr dl kok ga bs tertangkap penjahat kek gini.

    Reply
  • November 11, 2014 at 3:07 pm
    Permalink

    saya lagi ngajar di telpon soalnya sya ada hub nomor itu malamnya..eeeh gk taunya ujung2nya minta biayà stnk mobil wat balik nama katanya ,,,hehe ku kerjain za sklian mbok yo tobat kek udh ngmongx pke nama allah swt lagi gk sadar seenaknya bawa nama allah wat nipu….

    Reply
  • March 17, 2016 at 12:44 pm
    Permalink

    Betul bapak saya juga hampir kena tipu untung saya gerak cepat kalo tidak melayang deh uangnya

    Reply
  • January 26, 2017 at 5:48 pm
    Permalink

    welehweleh aq juga hampir masuk dlm jebakan untungx aku buka google. makasih om google om

    Reply
  • March 22, 2017 at 11:57 am
    Permalink

    Aku jg pernah dapet tu pas gua telvon suaranya laki2 ehhh pas di tanya ”ini undian benar gk” ehhh mlah orang jawab “maksud anda apa???…ya udah aku matiin tu telvonnya orag di tanya mlh tanya balik¿¿¿¿¿

    Reply
  • May 5, 2017 at 11:00 pm
    Permalink

    Barusan jha dapet suami pulang kerja lnsung kasih tau, smbil mndangin mukany y biasa jha aku y kesenangan. eh tapi dipikir2 g pernah ada iklannya kan kecuali undian y dikirim ke po box. jdi akhirnya buka gogle. Alham… ketemu ini post.. md2han g ketipu.

    Reply
  • May 5, 2017 at 11:11 pm
    Permalink

    Seharusny ini ditindak lajut. kasian orng2 y g tau aplagi dengan perekonomian y susah pasti berharap benner dpet hadiah aplagi mobil. dan dngan pngetahun y mngkin kurng mrka lnsung mengiyakan apa y dijanjikan sipenipu dngan mngirim uang dan sgala macem, termasuk jg saya hampir sjha ketipu.. Alhm,.. msh dberi ptunjuk dan g smpe ketipu. dan md2han kt sllu hati2 dngan appun itu modus 2 tertentu y ktanya dpat inilah menang inilah. tp ujung2 nya kita y disuruh bayar/transfer duit. itu sdh jelas2 MODUS PENIPUAN. smga mrka cpat sadar atau mndapat hukuman y stimpal ktna sdh bnyak mrugikan masyarakat. dan y Jelas sharusnya ini ditindak lanjuti oleh pihak2 terkait dri KAPAL API dan kepolisian agar tdk mrugiakan bnyak orng.

    Reply
  • June 7, 2017 at 1:46 pm
    Permalink

    Sya baru semalam dapat kupon berhadiah mobil marcedes…..n sya telpon di suru Kasih uang administrasi sebesar 3.950.000……pa kah itu penipuan pak.

    Reply
  • June 8, 2017 at 10:00 am
    Permalink

    Aku juga punya undian nih katanya aku dapat mazda apa kah ini asli atau bukan yah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *