receh_inggris
Sekilas mata, uang receh Inggris seperti potongan-potongan gambar tidak karuan. Ambil contoh receh satu penny. Denominasi terkecil ini hanya bergambar ujung harpa dan sepenggal kaki singa. Tetapi receh dua puluh penny lebih kasihan: gambarnya pantat singa.

“Kecantikan” desain uang logam keluaran tahun 2008 ini baru terlihat setelah kita menyusunnya sedemikian rupa, sehingga menjadi lambang negara Britania Raya:

British coins

Entah bagaimana pendapat Anda, tetapi bagi saya, ini pintar. Ada interaksi di sini. Kita diajak bermain dengan koin-koin itu untuk “menemukan” Perisai Agung Inggris. Ada pula unsur kejutan dan reward setelah koin-koin itu diatur dengan tepat.

London Underground Big BenInggris memang sering mengejutkan dalam soal desain. Logo London Underground yang modern dan fungsional misalnya, ternyata dirancang tahun 1908. Itu adalah era di mana semua orang masih sibuk dengan langgam Art Nouveau yang cantik. Perhatikan juga kekontrasan antara logo simplistis dengan ornamen era lama yang serba mendakik-dakik; bukankah itu kerap menjadi pakem perancangan jaman sekarang?

Tentu tidak semua kejutan Inggris mengesankan. Logo Olimpiade Inggris 2012 yang mirip Lisa Simpson mengoral sesuatu, misalnya, adalah eksperimen yang tanpa arah. Demikian juga maskotnya. Tapi untuk uang-uang logam ini, menurut saya nakal dan kreatif.

Nah kira-kira sudah mampukan Indonesia merancang uang logam sekreatif itu? Jika membayangkan reaksi masyarakat seandainya Garuda Pancasila dicacah-cacah seperti di receh Inggris, nampaknya kita masih belum siap.

Koin-Koin Inggris
Tagged on:

17 thoughts on “Koin-Koin Inggris

  • August 17, 2010 at 8:37 am
    Permalink

    salam kenal, mas… *ini salah satu blog favorit saya :)

    setuju, ide ini sangat menarik.

    saya kira karena kebanyakan orang Indonesia berpikir sepotong-sepotong, sehingga ketika ‘diberi’ potongan-potongan justru tidak mampu melihatnya secara utuh.

    Reply
  • August 17, 2010 at 5:04 pm
    Permalink

    * blog fav saya jg, terutama kalau dah ngeblank mau ngapain lagi di internet…

    jadi tahu kenapa logo Hogwarts disusun spt itu : griffyndor, slytherin, hufflepuf dan ravenclaw. Ternyata empat unsur itu mengikuti jejak perisai ini ya.

    Reply
  • August 17, 2010 at 5:04 pm
    Permalink

    Haha.. cerdas!

    Eh itu bentuk koinnya juga ada yang ga bulet gitu ya?

    Reply
  • August 17, 2010 at 10:00 pm
    Permalink

    Cara kreatif dalam perancangan uang itu agar orang lebih peduli, lebih memperhatikan koin, dan semoga lebih peduli uang. Di balik konservatisme Inggris memang ada kenakalan. :) BTW dulu, akhir 80-an, Belanda juga kreatif dalam merancang koin gulden supaya tampak modern: menambahkan kota-kotak cacah gori.

    Reply
  • August 19, 2010 at 1:32 am
    Permalink

    Koin seperti ini memberi nilai lebih pada uang koin, sehingga orang lebih menyukai orang koin. Gak seperti di negeri kita, koin hampir tidak berharga

    Reply
  • August 20, 2010 at 2:49 pm
    Permalink

    Hehehehe, paling gampang ya bikin karakter orang utan kayak uang 500 perak dulu :)
    Ngga ada yang tersinggung meski dulu aku inget, Den Baguse Ngarso pernah hampir ‘terpeleset’ gara2 bilang ‘Kalau uang 500 itu gambar munyuk, kalau 50 ribu mbahnya munyuk’ :)

    Nice!

    Reply
    • August 21, 2010 at 11:39 pm
      Permalink

      Wahahahaha. Kok berani ya jaman segitu ngomong gitu?

      Reply
    • January 15, 2015 at 12:51 pm
      Permalink

      I aptpaciere you taking to time to contribute That’s very helpful.

      Reply
  • August 23, 2010 at 11:50 am
    Permalink

    eee ini juga salah satu blog favorit saya ;) koinnya lucu yaaaa, berasa lagi nonton National Treasure atau di buku Da Vinci Code nyari petunjuk :))

    Reply
  • August 23, 2010 at 1:08 pm
    Permalink

    keren mon…. ga kebayang kalo garuda dicacah.. tar dikira penggunaan lambang negara yang tak tepat.. hi

    Reply
  • October 29, 2011 at 12:29 pm
    Permalink

    mantap.. andaikan lambang negara Indonesia dicacah dalam koin seperti di atas..

    Reply
  • October 29, 2011 at 12:30 pm
    Permalink

    bagi anda pecinta koin… mari gabung di fb saya
    Tarionaldo Ramn

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *