17 Juni 1971 malam, markas Partai Demokratik AS di gedung Watergate dibobol oleh lima laki-laki. Percobaan pencurian yang semula biasa-biasa saja ini berakhir menjadi awal skandal politik terbesar di sejarah Amerika: Presiden Nixon mengundurkan diri; sementara tujuh pejabat tinggi pemerintahannya, termasuk Jaksa Agung dan Mensesneg, divonis penjara puluhan tahun.

Tidak pernah ada jawaban pasti tentang apa tujuan menerobos masuk ke dalam Watergate ataupun apa yang dicari di sana. Kecurigaan publik menyeruak setelah muncul temuan bahwa sejumlah dana dari tim kampanye Nixon mengalir ke rekening maling Watergate. Walaupun Nixon selalu tidak tahu menahu dalam kasus Watergate, beberapa rekaman pembicaraan di Gedung Putih (kemudian dikenal dengan Watergate tapes) menyiratkan sebaliknya.

Akhirnya, pada rekaman pamungkas yang disita DPR terkatakan bahwa enam hari setelah kejadian Watergate, Nixon memerintahkan CIA untuk mengambil alih kasus tersebut dari FBI. Dengan demikian Nixon resmi tersangka menghalangi penegakan hukum, sebuah pelanggaran yang bisa lari ke pemakzulan oleh DPR. Di ujung tanduk, Nixon mengundurkan diri pada tanggal 4 Agustus 1974.

“Frost/Nixon” arahan Ron Howard ini mendramakan lanjutan kisah Nixon dua tahun setelah mundur dari kursi kepresidenan AS. Dalam upaya membersikan namanya, Nixon (Frank Langella) menerima permintaan interview ekslusif dari David Frost (Michael Sheen), seorang presenter TV dari Inggris. Walaupun Frost adalah tokoh yang populer di pertelevisian Inggris dan Australia, dia bukan jurnalis yang terasah menangani politikus yang ahli berkilah. Pada proses interview yang dibagi menjadi empat bagian itu, Frost terjerat oleh kemampuan retorika Nixon. Mau tidak mau, keduanya harus bertarung menyelamatkan reputasinya, hingga akhirnya interview Frost/Nixon menjadi episode televisi yang paling penting dalam sejarah AS.

Frost/Nixon
Tagged on:

4 thoughts on “Frost/Nixon

  • July 9, 2010 at 3:31 pm
    Permalink

    Musti nonton nehh.. Thanks Mon.. ;)

    Reply
  • July 11, 2010 at 12:18 am
    Permalink

    Yang ini memang belum sempat ntn. Thanks yah dah direview, dan membuat diriku menyegerakan untuk nonton! :D

    Reply
  • July 26, 2010 at 6:51 pm
    Permalink

    kalo mau, baca bukunya aja.. lebih manteb baca soal skandal watergate ini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *