Inilah NavinoT saudara-saudara. Sebuah blog tentang soal hiruk-pikuk perkembangan IT di Indonesia, tepatnya bisnis internet di Indonesia. Siapa tahu bisa ikut menyuburkan situs ngetop semacam Plurk atau Flickr buatan tanah air.

Bagi yang merasa gaptek jangan kuatir, karena situs ini membahas IT dari segi konsep dan bisnis, bukan hal-hal teknis seperti database atau framework. Berbeda dengan situs teknologi luar negeri (seperti TechCrunch dan ReadWriteWeb), NavinoT mengangkat wacana-wacana lokal supaya IT di Indonesia maju. Tapi, NavinoT tetap akan mengulas perkembangan IT luar negeri sebagai bahan pembelajaran.

Lalu bagaimana Navinot berkompetisi dengan situs teknologi lokal seperti detikinet? Toni, co-founder NavinoT menjelaskan bahwa Navinot tidaklah sekedar menyediakan berita tapi juga menawarkan analisis teknologi informasi dan internet startups.

Blog ini dikelola oleh Toni dan Ivan, yang konon begitu ketemu langsung dapat chemistry (padahal keduanya normal) dan 2 bulan kemudian mereka melahiran NavinoT. Ketika ditanya bagaimana membangun bisnis internet di Indonesia yang mayoritas penduduknya masih buta internet, Ivan menjawab kalau pasar internet service itu tidak harus di Indonesia, karena internet bisa global pemakaiannya.

Kedua pemuda ini memang optimis dalam melihat masa depan bisnis internet lokal. Anda harus bangga. Bagi pemuda-pemudi yang ingin memulai bisnis internet, Ivan memberikan saran tentang pentingnya kerja sama dan komitmen. “Programmer butuh Desainer. Pemilik modal, butuh personil yang hebat. Komitmen itu perlu, karena banyak orang di sini [Amerika Serikat] yang mau outsource ke Indo, cuman ceritanya sama… gak ada komitmen.” jelas Ivan berapi-api padahal cuma lewat Y!M.

Navinot
Tagged on:

40 thoughts on “Navinot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.