hermansaksono

Patternless thoughts, pointless wisdom

Anecdotes - December 13th, 2006

simPATI vs. Halo Bebas

Sekitar 5 bulan yang lalu, Telkomsel melebarkan lini kartu Halo menjadi empat varian, yaitu Halo Bebas Abonemen, Halo Bebas SMS, Halo Bebas Komunitas dan Halo Bebas Bicara (ini yang paling gres). Variasi produk ini membuat teman saya yang bernama Didit (bukan nama sebenarnya), bingung.

Didit sebelumnya adalah pelanggan Simpati yang terjerat bujuk rayuan saya untuk migrasi ke Halo, tetapi masih bingung memilih paket yang mana. Untuk mencegah Didit bingung lebih lanjut, saya dan rekan-rekan membuat grafik biaya SMS untuk Simpati dan tiga varian Halo Bebas. Hasilnya adalah seperti ini.


Cara melihat grafik ini sederhana, kalau garis grafik di atas grafik lain, berarti paket tersebut lebih mahal. Perhatikan juga dalam paket Halo memang ada sedikit overhead untuk abonemen (atau biaya pemakaian minimal). Untuk Bebas Abonemen sebesar Rp 25 ribu, dan untuk Bebas Bicara dan Bebas SMS Rp 45 ribu.

Nampak penggunaan SMS untuk Simpati relatif lebih tinggi dibanding Halo Bebas SMS dan Bebas Bicara, tetapi lebih murah daripada Halo Bebas Abonemen. Artinya Bebas Abonemen (Rp 350/sms) kita coret sebagai paket yang disarankan.

Bebas SMS sedikit lebih mahal daripada Bebas Bicara, dan biaya telepon Bebas Bicara lebih murah. Oleh karena itu saya menyimpulkan secara sepihak kalau paket Halo Bebas Bicara adalah pilihan yang paling murah bagi pelanggan. Terutama yang sering SMS.

Ada yang menarik di dalam paket Bebas Bicara. Selain karena tarif SMS yang murah (Rp 250/sms) dan biaya percakapan yang miring, perhatikan juga kalau pelanggan dikenakan pajak untuk komunikasi yang benar-benar dia pakai. Kalau tagihan hape anda Rp 200 ribu, ya pajak yang dikenakan Rp 2 ribu. Bandingkan dengan Bebas SMS: anda membayar tagihan Rp 245 ribu, pajak yang anda bayar adalah Rp 2000 (komunikasi) + Rp 450 (abonemen). Rugi kan?

Nah sekarang kembali ke Didit. Pertanyaan besarnya… berapakah pengeluaran Didit selama sebulan setelah migrasi ke Halo Bebas? Ternyata lebih besar daripada ketika masih memakai Simpati. Hehehehe :)

Untuk Didit, mending migrasi ke Halo BebasTagihan aja deh.

16 Comments

  • wongdewa

    dan saya adalah didit (nama sebenarnya..*lho:D). memang benar apa yg diutarakan bpk momon, kalo dilihat dari grafik yg dibuat diatas paket halo bebas bicara adalah kandidat terkuat yg disarankan;). dan karena rayuannya didukung dengan data ilmiah akhirnya saya beralih dari simpati ke halo.

    tp sebelum pembaca mengikuti jejak saya, tunggu dulu. dari grafik tersebut ada faktor penting yg tidak terlihat/terbaca oleh mata, dan ini bisa menjadi distorsi pembentukan grafik. mungkin bpk momon lupa memberi catatan kecil. yaitu faktor psikologis pemakai..:p. napsu untuk sms, napsu untuk menelpon pemakai simpati akan beda dengan pemakai halo. contoh kongkrit terjadi pada tmn saya lagi namanya obi (bukan nama sebenarnya) yg tagihannya melonjak 2xlipat. *melempar mix..:))

    nb: btw., aq iki nulis comment opo nulis blog yoh..:))

  • Akhmad Fathonih

    Install yang mana ya? Halo Bebas Tagihan sepertinya adalah paket terbaik. Free software, resiko ditanggung sendiri ^^. tapi bukan berarti tidak berkualitas lo. Tidak usah khawatir terlalu banyak menelepon ataupun ber-sms. Bebas tagihan gitu loh!

    Mon, yen oleh komisi bagi-bagi lo.

  • obi

    OBI SAID
    dit, aku juga setuju dengan paket halo bebas bicara.
    Mengapa saya beralih dari simpati ke halo karena ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh halo seperti: tarif hemat telpon mulai jam 8 malam, dibandingkan simpati harus nunggu sampai jam 10 atau jam 11(yayang keburu tidur dan terkesan mengganggu);). Telpon kemana saja (apalagi dari jogja ke NTT) tarifnya tetap sama. keunggulan lainnya tarif sms yang murah.
    Itu beberapa keunggulan kartu halo.

    Kalau masalah tagihan bulan lalu yang banyak itu karna aku nelpon TTM dari jam 9 sampai jam 11 nonstop, dan wajar kalau tagihannya 2x lipat. untuk bulan ini aku sudah lebih hemat 25% dari bulan lalu.
    HALO tetap ok.

  • Akhmad Fathonih

    Bie, kmu nelpon TTM kok bilang-bilang seh? Yayangmu sekarang kan jadi tau … Pie seh?? Apa kmu udah niat mo poligami? ..

  • wongdewa

    oo.., membengkak karena dibuat TTM toh bi. bagoooss..
    tp bi, kalo bulan ini kamu dah lebih hemat 25% dan ngg’ membengkak, itu brarti km g TTM lagi dong. brarti kamu dah ditolak ma yg kamu ajak TTM yah bi…:)). poor obi..:((.
    tenang bi., jgn patah semangat. cari lagi yg bisa dibuat TTM. itu artinya pertahankan “tarif membengkak”mu, karena itu berarti kamu laku dan masih ada yg mau sama kamu…=))

    :: salam penikmat Halo ::

  • Ooo… jadi kalau TTM itu biayanya gak boleh lebih dari 25%?

    Kalau biasanya ntraktir pacar nasi goreng 1 piring, kalau sama TTM berarti 1/4 piring dong. Ngomongnya gimana yak?

    cowok:
    “Mbak, untuk ‘cewek’ saya, nasi goreng 1/4 piring, es jeruk 1/4 gelas, dan krupuk 1/4 bagian.”

    pelayan:
    “maaf pak, tapi biaya yang kami kenakan tetap harga penuh.”

    cowok:
    “Nggak mungkin!”

  • obi

    Mungkin perlu ditekankan bahwa yang kita bicarakan adalah sesama pengguna telkomsel. Dan kalo kita kembali ke topik Simpati VS Halo Bebas
    bagi saya tetap unggul Halo bebas. kalau masalah TTM tetap ada cuman udah ganti lagi sekarang pakai PRO-XL;) dan biar lebih hemat harus pakai sesama pro-xl. Tetapi bukan berarti saya beralih ke pro-xl(memakai sesuai kebutuhan dan kondisi).

    kembali ke topik.
    mungkin kita perlu melihat perbedaan simpati dan halo dari sisi pra bayar dan pasca bayar.
    Dengan demikian keunggulannya bisa dipertimbangkan.

    /*kembali ke topik*/

  • Akhmad Fathonih

    Penjual:
    “Kok bisa?!”

  • Zilko

    Ada ya Halo Bebas Tagihan?? Kalo ada mau ah pindah…. :)

  • Lita

    Grafikmu itu berlaku kalo kelakuan pengguna ngga berubah, Mon. Kalau sebelumnya pake prabayar trus setelah pake pascabayar jadi lebih getol nelfon dan SMSan ya… jadinya lebih mahal juga dong.

    Mungkin… sama juga kaya aku. Pas pake prabayar rasanya borooosss… Pindah ke pascabayar eh malah tagihannya dikit, soale makenya ngirit2 takut tagihan ngebludak.

    Geto… Eh ternyata Momon gak kalah rajin ama Hericz yang bikin grafik pemakaian Esia ya :D

  • yanti

    aku pake Bebas SMS selama sejak paket itu muncul. selama ini aku pikir paling murah.. mungkin memang iya juga sih, sebelum munculnya Bebas Bicara.

  • prayogo

    Kalau saya lebih suka make Mentari, apalagi pacar saya juga pake itu. Jadi memang lumayan murah.

    Tapi karena memang saya belum coba-2 yang lain. Emang lebih baik ya…

    nyambung nggak sih….

    >:D<

  • Saya pernah pake HALO, tidak pernah ada masalah sebenarnya. Tp sekarang tagihan saya cukup ter”pangkas” dengan kartu paskabayar Smart Telecom. Masih baru sih operatornya, tp tarifnya dihitung per detik.
    Lumayan bisa nge-cut duit tagihan > 50%.

  • Ucok

    Bagi saya, komunikasi menggunakan HP sdh menjadi kebutuhan utama jadi semakin tinggi frekwensi pemakain akan meningkatkan biaya yg dikeluarkan. Ia doooooong pastinya begitu jadi jangan mengeluh soal pemakaian, semuanya tergantung usernya saja .

  • RIFKI

    Jadi intinya lebih baik pake Simpati atau Halo ?

  • bener juga ya? saya pakai halo sudah 10tahun, tp gk pernah banding bandingkan


Leave a Reply