Setelah mengalami masalah perijinan dan pembukaannya ditunda-tunda, akhirnya Plaza Ambarrukmo dibuka pertama kali untuk masyarakat Jogja tanggal 5 Maret kemarin. Berbeda dengan rencana semula, acara tanggal 5 Maret ini bukan soft-opening, melainkan hanya pre-opening untuk memfasilitasi anchor tennant Carrefour—perusahaan ritel terbesar kedua di dunia—yang sudah tidak bisa menunggu untuk segera menjalankan operasinya di Jogja. Acara soft-opening sendiri direncanakan akan diadakan pada bulan Juni 2006, bergeser dari rencana awal yaitu bulan Desember 2005.


Dan seperti yang diduga semua orang, pembukaan Plaza Ambarrukmo tanggal 5 Maret kemarin menyedot ratusan orang Jogja untuk tumplek blek di satu tempat. Sayangnya, walaupun tingkat okupansi sudah mencapai 86%, toko yang benar-benar buka bisa dihitung dengan jari. Bahkan, beberapa space belum di-fitting-out sama sekali oleh tenant-nya. Dari lima anchor tenant, hanya Carrefour yang sudah buka. Aneh juga ya para tenant ini, udah bayar sewa, tapi kok gak dipakai buat jualan?


Dan Carrefour kemarin ramainya minta ampun. Apa mungkin karena barangnya memang sangat murah ya? Soalnya semua orang sangat bernafsu untuk membeli, sampai rela antri panjaang banget. Bahkan ada segerombol orang yang berebut buah pear. Kayak jaman perdjoeangan aja :P Bedanya kalau dulu bayarnya pake kupon, sekarang bayarnya pake duit.


Terlepas dari interior mall yang nggak kalah dengan Plaza Senayan, layout tenant-nya menurut saya agak sedikit janggal. Misalnya, atrium utama ground-floor diisi oleh toko sepatu dan pakaian eksklusif dan mahal. Nah, lazimnya, lantai diatasnya diisi oleh produk busana yang tidak semahal ground-floor tapi masih eksklusif. Tapi di Plaza, lantai 1 malah diisi dengan Timezone dan pakaian anak, yang pasti bikin ribut dan jauh dari citra eksklusif ground-floor. Untuk tetap merasa eksklusif, pengunjung harus berjalan melalui atrium panjang disebelah utara, kemudian naik ke lantai 1 untuk menuju Centro (yang sedikit lebih eksklusif daripada Matahari) , tapi sebelumnya pengunjung harus melalui Carrefour (yang jualan barang murah dan jelas-jelas tidak eksklusif). Perubahan zoning yang terlalu sering ini kurang nyaman buat pengunjung dan tenant.


Booming pusat perbelanjaan di Jogja bukannya tanpa alasan. Sektor ritel Jogja kebanyakan masih terpusat di Malioboro dan sekitarnya sehingga diperlukan pusat perekonomian baru untuk memindahkan polarisasi perdagangan. Selain itu, memang sepertinya diperlukan katalis baru untuk menggairahkan sektor ritel untuk menyokong perekonomian Jogja yang diutamakan untuk pendidikan, pariwisata, dan UKM. Tidak heran dalam tiga tahun terakhir telah muncul 2 mall dan sebuah pusat grosir.

Pertanyaannya, apakah Jogja harus mengandalkan konsumsi untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi lokal. Kenapa ya tidak bisa seperti Jepang yang pertumbuhan ekonomi tahun 2005-nya dibangun oleh investasi. Ini tanggung jawab bersama kan?

Plaza Ambarrukmo
Tagged on:

28 thoughts on “Plaza Ambarrukmo

  • March 7, 2006 at 11:05 am
    Permalink

    Untung carrefour belum masuk Australia. Sama sekali tidak ada huahaha :p

    Aku gak terlalu mudeng soal investasi dan pertumbuhan ekonomi. Setidaknya mall kan bisa menyerap banyak tenaga kerja, dan bisa sedikit banyak menaikkan nilai tanah di sekitar mall, dan seterusnya embuh lah gak ngerti hehehe. Mematikan ritel kecil dan menengah di sekitarnya si emang, tapi mo gimana lagi huahaha. UKM di bisnis ritel harus lebih kreatif utk tetep bisa bersaing. Buka 24 jam misalnya, atau membuat franchise sendiri, gak ngerti.

    Eh hotel ambarukmo sebelahnya tu skrg diapakan Mon? Masih kosong??

    Reply
  • March 7, 2006 at 12:10 pm
    Permalink

    Negara semaju Jepang memang kemajuan didukung oleh investasi intern mereka krn Jepang menganut politik Dumping shg hrg intern lebih tinggi drpd ekstern dan laju ekonomi mereka sangat tergantung thd sektor invetasi agar value money akan mengikuti atau mengimbangi laju inflasi dunia.
    BTW makin banyak pusat ritel dan grosir berdiri maka sektor riil / ekonomi kerakyatan di Indonesia akan mandeg. Akibat fatal sektor riil mandeg adalah peluang tenaga kerja menyempit shg IPOLEKSOSBUD akan terancam krn yg kaya makin kaya yg miskin makin terpuruk.

    Reply
  • March 7, 2006 at 6:37 pm
    Permalink

    Wah gimana yaa, plazanya sendiri belum sempat liat. Selain itu Carefour sendiri belum sempat liat juga.

    Jepang? belum sempat main kesana juga :D

    Reply
  • March 7, 2006 at 6:41 pm
    Permalink

    muke gile lu mon
    monyetttttttt
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply
  • March 7, 2006 at 8:16 pm
    Permalink

    plaza ambarukmo itu dimana sih? kok aku nggak perasaan waktu ke yogya bulan kemarin?

    Reply
  • March 8, 2006 at 1:55 am
    Permalink

    masih ditutupin kain, kali ris. makanya gak keliatan hehehe…

    aku cuma pernah ke carrefour singapore. di america kayaknya gak ada ya ? south doank.

    Reply
  • March 8, 2006 at 7:19 pm
    Permalink

    Sorry Man, gw gak comment soal postingan elo. Itu napa sih si Anonymous mulutnya kotor banget!! Persis TIKUS! Cuci mulut tuh pake rinso!

    Dia itu perempuan loh! Gw tau dr blog temen gw. Ketauan kalo prempuan gak pernah sekolah.

    Dia jg pernah comment yg gak enakin bwt temen gw.

    To Anonytikus, gak berani menampakkan diri elo ya! Kalo laki2x elo pasti banci kalengan.

    Sorry sekali lagi ya Man. Thanks.

    Reply
  • March 8, 2006 at 9:58 pm
    Permalink

    Barusan tadi saya nengok ke sana, Mon. Arsitektur gedungnya (kata Ninta) mirip sama Tunjungan Plaza 3 ya. Nyaris persis bahkan, cuman agak gedean dikit.

    Ada pameran mobil mewah pula di bawah (CBU), ck ck ck… kayaknya ntar kalau udah buka full sy paling langganan TwentyOne-nya doank.

    :))

    Reply
  • March 9, 2006 at 9:26 am
    Permalink

    sama kayak comments di atas, gw juga ga terlalu mudeng ama perang investasi dan pertumbuhan ekonomi. Yang gw tau, di Jakarta pun, begitu banyak pilihan trade centre kayak ITC, Giant, Carrefour, and temen-temennya. Tapi setahu gw, pasar Tanah Abang and proyek Senen juga masih rame banget.
    Maksudnya, konsumen juga milih kok, yang pas buat dia. Trus buat Jogja, rasanya orang juga tau….kecuali orang Jogja sendiri ngkali….kalo Jogja bawa kesan tradisional dan akan cari yang tradisional juga. Ada atau tidaknya mall and soon pasti gak akan ngaruh terhadap keberadaan UKM-UKM terutama di Bringharjo n Malioboro, kan kita ke Jogja untuk itu, kalo cuma Mall, dimana-mana juga banyak, apalagi Jakarta. kembali lagi, tergantung dorongan dari masyarakat setempat.Waktu gw jalan ke KL juga gitu, kita lebih milih jalan ke kaki lima di Bukit Bintang untuk cari handycraft yang mungkin buatan Indonesia juga daripada masuk Mall yang berjajar di sepanjang jalan….iya kan!!

    Dy.

    Reply
  • March 9, 2006 at 12:50 pm
    Permalink

    selamat atas dibukanya plasa baru di yk!! denger2 ada 21-nya ya? hmm.. bagus deh jadi orang2 jokja gag ketinggalan film2 baru dan mendapat kesempatan menikmatinya di tempat yang lebih layak *nggak dikolong jembatan lagi maksutnya!*.. hehehehe :)

    Reply
  • March 9, 2006 at 9:12 pm
    Permalink

    kayak TP3? hmm… btw seneng deh di jk ada plaza, coz bbrp kali kesana.. pertama2 sih demen sm malioboro.. lama2 bosen.. & suka bingung mau kemana lagi ^^ so plg g klo aku kesitu lg i know where to go :)

    Reply
  • March 10, 2006 at 4:57 am
    Permalink

    Turut berduka-cita atas dibangunnya mall dijogja. Satu lagi media arsitektur yang melibas keindahan ruang-ruang luar kota jogja yang melankolis dan indah.

    Reply
  • March 10, 2006 at 7:58 am
    Permalink

    ya memang idealnya investasi dibutuhkan untuk menggerakkan ekonomi, tapi memang iklim investasi masih kurang baik di indonesia. Konsumsi juga salah satu penggerak motor ekonomi, pembukaan pusat ritel baru membuka lapangan pekerjaan dan meng-stimulasi konsumsi yg pada akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat. Contohnya Cina, yang membuka pasar ritel pada asing seluas2 nya (tp bedanya cina tidak miskin investasi).

    Reply
  • March 11, 2006 at 3:29 am
    Permalink

    Kalo Lapangan Kerja di Indonesia sedikit, bagaimana bisa muncul konsumen?. Sekarang berapa gaji mahasiswa S1 di Indonesia?buat nyicil rumah aja susah, bagaimana mau shoping di mall?.

    Reply
  • March 11, 2006 at 2:20 pm
    Permalink

    eskalator ny kok menurutku terlalu vertikal ya??????
    serasa mengerikaannn..

    Reply
  • March 13, 2006 at 4:17 pm
    Permalink

    Wew….Dari Plaza Ambarukmo belom dibangun sampe akhirnya sekarang da dibuka aku sebagai orang yang kerja dideket situ jadi kena dampaknya aja..
    Boro2 dateng ngeliat dalemannya yang ada juga tiap berangkat kerja jalanan menuju tempat kerjaku jadi macet gitu….
    Maklum aja aku kerja part time yang datengnya mesti siang gitu…jadi pas macet2nya …
    ya jauh deh waktu belom dibuka kemaren ma skrng …..
    Tapi aku sedikit seneng juga coz denger2 disana ntar bakal ada 21-nya ya..hehheeeheh…
    Disebelah mana tuh…
    Cuma itu seh yang bakal aku tunggu dari Plaza itu..masalah yang laen ga mudeng aku…bukan anak ekonomi pisan..heheheheh
    Tapi cukup membantu pengetahuanku juga bout Plaza itu lewat baca dari blog in..thanks……..

    Reply
  • March 13, 2006 at 4:22 pm
    Permalink

    Wew….Dari Plaza Ambarukmo belom dibangun sampe akhirnya sekarang da dibuka aku sebagai orang yang kerja dideket situ jadi kena dampaknya aja..
    Boro2 dateng ngeliat dalemannya yang ada juga tiap berangkat kerja jalanan menuju tempat kerjaku jadi macet gitu….
    Maklum aja aku kerja part time yang datengnya mesti siang gitu…jadi pas macet2nya …
    ya jauh deh waktu belom dibuka kemaren ma skrng …..
    Tapi aku sedikit seneng juga coz denger2 disana ntar bakal ada 21-nya ya..hehheeeheh…
    Disebelah mana tuh…
    Cuma itu seh yang bakal aku tunggu dari Plaza itu..masalah yang laen ga mudeng aku…bukan anak ekonomi pisan..heheheheh
    Tapi cukup membantu pengetahuanku juga bout Plaza itu lewat baca dari blog in..thanks……..

    Reply
  • March 14, 2006 at 1:24 pm
    Permalink

    Pokoknya tempat favorit gw di Yogya adalah Dusun Yogya Village Inn di Jl Menukan (dengan cokelat Monggo yang bisa dibeli di minimart gak jauh dari situ), Mirota di jl Malioboro, dan bebek panggang di angkringan depan bioskop di Jl Malioboro (lupa namanya). kapan-kapan kalo ke sana lagi mampir ke Plaza Ambarrukmo ah…. Baru deh bisa comment.

    Reply
  • March 27, 2006 at 7:37 pm
    Permalink

    Ntar deh, saya nulis soal ini. Quite interesting.

    Reply
  • April 5, 2006 at 2:26 pm
    Permalink

    perasaan yg sering kamu tulis ttg mall ato tempat belanja kelas menengah mulu.
    Kapan kamu menjelajah pasar Beringharjo trus liat kehidupan para pedagang kecil, ibu2 portir pasar, ato mbah2 yg jualan seadanya.
    Menarik juga kok melihat sisi kehidupan mereka…..menarik dan ngenes!

    atau ngga berburu jajan pasar di pasar yg ada di depan pasar Pathuk atau pasar Ngasem yg jajan pasarnya komplit bgt.
    Kamu khan suka ngemil……kayaknya loh :P

    Reply
  • May 10, 2006 at 1:39 pm
    Permalink

    ooooo….udah jadi ya?? tks for posting the pic, sorry gak sempat baca tulisannya, tapi aku seneng nich lihat picnya, krn dr dl sebel banget kl lewat jln solo lihat bangunan yg gak jadi n kotor.. :(
    eniwe… eeeeeemm….. jadi pengen pulang nich…. Jogja Jogja Jogja, miss u so much….

    Reply
  • June 22, 2007 at 1:21 pm
    Permalink

    Harusnya konsep pembangunan mallnya sesuai dengan budaya Jogja ya….

    Reply
  • March 10, 2008 at 12:25 pm
    Permalink

    Ada yg tau gak harga sewa outlet di ambarukmo plaza ama di carefour jogja? Bkn yg gede2 kok, cm semacem booth kyk burger or bubbletea gt? Minta infonya ya… Terngkyu… :-)

    Reply
  • July 13, 2008 at 11:23 am
    Permalink

    mall segede itu…bagus…
    keamanaannya byk banget…ya bagus juga tapi kayak pengunjung itu maling di pelototin semua…apalagi cleaning servis di toilet deket carefour idih amit-amit bikin jelek aja amplas…masa lagi BAK toilet basah sedikit gk boleh tuh cleaning servis langsung koar2 di depan pengunjung amplaz…pecat aja tuh…yang namanya BAK kan sedikit byk bikin toilet basah nah itu kerjaannya cleaning servis toilet..sayang kan mall sebagus amplaz karyawannya bikin gk nyaman pengunjung amplaz

    Reply
  • December 22, 2008 at 11:10 am
    Permalink

    gw mw skripsi tentang dampak adanya amplaz ke daerah sekitarnya. ada bahan bisa bantu gw gag??
    makacii mas

    Reply
  • April 13, 2010 at 7:04 am
    Permalink

    I just found this site a while ago when a good friend suggested it to me. I have been an avid reader ever since.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.