Pada tanggal 21 & 22 Januari 2006 besok akan ada Seminar Akbar Nasional Psikopat. Seminar yang akbar dan nasional ini memang menghadirkan pembicara yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung: 40 orang. Anda dapat melihat posternya di situs hukumonline.com.

Yang menarik tentunya tagline seminar ini:

Tahukah anda? Ada ledakan laporan: 3 diantara 10 orang di Amerika adalah psikopat.

Pernyataan ini dapat mendorong orang untuk menafsirkan bahwa 30% dari 297 juta penduduk AS—atau kurang lebih 89 juta orang—menderita psikopat. Sebuah angka yang sangat fantastis, apalagi banyak orang Amerika yang menentukan hajat hidup masyarakat dunia.

Sayangnya event organizer Seminar Psikopat tidak mencantumkan sumber angka 3/10 sehingga kita tidak bisa mengkaji lebih lanjut asal angka itu. Tetapi tentunya rasio 3/10 tidak diambil dari seluruh 297 juta penduduk AS, melainkan melalui pengamatan atas sejumlah sampel. Entah 100.000 orang, 10.000 orang atau cuma 100 orang.

Misalnya saja, dalam penelitian ini diamati 10.000 orang sampel dari sebuah populasi. Lalu berdasar pengamatan, 3000 diantaranya menunjukkan gejala psikopat. Dari sini, dengan mudah dapat dibuat rasio 3 dari tiap 10 orang adalah psikopat. Masih masuk akal.

Tetapi, dari angka 3/10 tidak dapat serta-merta disimpulkan kalau dari 297 juta penduduk AS, ada 89 juta orang yang psikopat. Karena jika jumlah sampel diperbesar, rasio 3/10 tidak dapat dipakai begitu saja. Tentunya ada penjelasan yang lebih ilmiah, tapi itu jatah ahli statistik untuk menjelaskan.

Akhirnya poster seminar yang ilmiah ini terlihat sedikit kurang serius karena menggunakan sebuah slogan yang kontroversial, tetapi sedikit menyesatkan.

Agak mirip, tapi pola pikir yang disebut prosecutor’s fallacy sering menjerat (dan membebaskan) orang di pengadilan, hanya dengan mentranslasikan sebuah rasio probabilitas dari sebuah sampel yang kecil ke sampel yang sangat besar.

Terlepas dari itu, mungkin ini adalah seminar yang menarik :)

Seminar Psikopat
Tagged on:

9 thoughts on “Seminar Psikopat

  • December 20, 2005 at 7:08 pm
    Permalink

    hah, ini rupanya yg tadi kmu baca di Wikipedia: prosecutor fallacy ..

    Reply
  • December 21, 2005 at 4:38 am
    Permalink

    hmm..
    kayak yang 68% (te em) ?? :p

    tapi, ngeri juga ya…

    Reply
  • December 21, 2005 at 8:55 am
    Permalink

    9 dari 10 anggota FPI adalah psikopat hehhe

    Reply
  • December 21, 2005 at 10:29 am
    Permalink

    yang baca blog ini kayaknya ada yang psikopat…

    Hi, Roy!™

    Reply
  • December 21, 2005 at 12:50 pm
    Permalink

    metode penentuan jumlah sample dll (sampling) sptnya juga ada panduannya. Sy ngga tau banyak soal statistik, tp mestinya ada kaidah2 dlm membuat statemen spt ini. Selain “kasus 68%”, ada kasus “97% cewek Jogja tidak virgin” dst.

    Btw fokus tulisanmu betul tentang statistik kan ?

    Reply
  • December 21, 2005 at 7:42 pm
    Permalink

    gw pernah liat versi cetak posternya.

    posternya rame banget. gw pikir konser musik.

    tentu saja, poster itu sama sekali tidak menggugah minat utk datang.

    (maaf beda angle heheh)

    Reply
  • February 8, 2006 at 10:51 am
    Permalink

    memang posternya agak aneh, tapi poster tersebut kan ada unsur komersilnya jg kan? anda datang nggak seminarnya? keliatan kan,siapa capable untuk bicara dan tidak. karena saya sendiri hadir, saya berusaha untuk mendapatkan sesuatu(since saya juga tinggal di jogja, nggak murah untuk saya datang kesana hanya untuk seminar itu)dan finally saya bilang seminar itu worthy, dan saya merasa beruntung menjadi peserta seminar tersebut.

    Reply
  • May 21, 2011 at 3:23 pm
    Permalink

    You should drink four glasses of water per day. Doctor Dukan created a method that offers more than flavorless cardboard fake food and it is not a heart attack waiting to happen with fats and fatty steaks.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.