Occam’s Razor atau Pisau Occam (jika diterjemahkan bebas), adalah sebuah metode untuk memutuskan masalah yang diperkenalkan seorang ahli logika Inggris dari abad 14: William dari Ockham. Occam’s Razor yang aslinya berbahasa latin, jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia bunyinya kurang lebih:

Jika ada dua teori yang keduanya adalah sebuah dugaan, maka pilihlah yang paling sederhana.

Atau dengan kata lain jika ada dua pernyataan yang kita sendiri tidak yakin akan kebenarannya, maka pakailah pernyataan yang paling masuk akal.

Occam’s razor memegang peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan karena cara berpikir ini mengarahkan ilmuwan dan akademik untuk tidak membuat asumsi berlebihan atas sebuah fakta.

Nah, kalau ada dua teori kenapa kepolisian RI tidak melakukan uji DNA atas mayat Dr. Azhari, si tersangka pembuat bom Bali:

Teori 1: Mayat yang diduga adalah Dr. Azhari sebenarnya adalah mayat orang lain. Polri tidak ingin rahasia mereka ketahuan, karena sebenarnya Polri ditekan untuk ikut melakukan konspirasi besar AS dan Inggris untuk menyembunyikan Dr Azhari. Asal tahu aja, Al-Qaeda (organisasi induk yang mengatur Dr. Azhari dkk), adalah lembaga yang diprakarsai AS dan Inggris untuk membangun sentimen anti-muslim ke seluruh dunia.

… dan…

Teori 2: Polisi Indonesia merasa tidak perlu melakukan tes DNA mengingat mayat relatif utuh dan sidik jari masih dapat dkenali. Lagipula, jika mayat terebut dilihat saja sudah nampak seperti jenazah Dr. Azhari, tes DNA bisa memperumit masalah karena akurasi tes DNA tidak setinggi yang kita kira. Jika hasil tes DNA tidak sama, masalah bisa jauh lebih kompleks.

Manakah yang akan anda pilih? Mari fokus pada masalah yang riil :) Seperti kasus kelaparan, inflasi dua digit, dan suap dimana-mana.

Occam’s Razor dan Tes DNA Dr. Azhari
Tagged on:     

9 thoughts on “Occam’s Razor dan Tes DNA Dr. Azhari

  • November 19, 2005 at 8:19 pm
    Permalink

    Untuk kasus DNA, ku milih teori yang kedua Mon.

    Ngomong2, teori pertama tu dapet dari mana? Jadi penasaran kiy, terutama masalah AlQaeda. Yang kubaca, tokoh2 AlQaeda tu terbentuk semenjak perang Afghanistan. Dan kita tahu kan kalo AS tu sebenarnya memberi dukungan ke pasukan muslim waktu itu? Nah, jadi secara gak langsung AS turut bertanggungjawab atas “kesesatan” pemahaman yang dianut anggota2 teroris itu, ya kan?

    Jadi teori pertama tu, terlepas dari masalah Dr. Azahari, mungkin ada benarnya mengingat AS pernah mendukung mujahid di Afghanistan jaman dulu kala.

    Dan satu lagi, dari sudut pandang seorang muslim, alasan paling sederhana kenapa ada organisasi islam yang mau2nya melakukan tindakan teror, itu ya… pasti karena akal2annya negara Israel dan AS (yg mendukung israel). Israel berkepentingan untuk menurunkan citra muslim agar keutuhan wilayah “jajahan” mereka tetap terjaga. Coz perlu diingat bahwa semua tindakan teror yg dilakukan organisasi teroris itu sangat kontraproduktif, bertentangan dengan cita2 mereka sendiri.

    Maaf kalau ada yg tersinggung. Tumben kiy comment ku rodo serius hihihi

    Reply
  • November 24, 2005 at 9:32 pm
    Permalink

    Iya mas..
    Panjang banget.
    Menurutku sendiri adanya radikalisme suatu aliran agama emang bahaya.
    Terlepas dari dugaan adanya konspirasi dari pihak ketiga.
    Masalahnya selama ini juga terbukti emang ada aliran aliran tertentu yang ekstrem dalam Islam.
    Btw, ni terlalu rasis gak sih?

    Reply
  • November 24, 2005 at 10:44 pm
    Permalink

    Rasis? Enggak :) Menyinggung pemeluk agama Islam? Bisa aja, tapi itu tergantung yang baca juga.

    Teori pertama, yah itu adalah gabungan dari berbagai teori konspirasi seputar kematian Dr. Azhari. Teori tersebut memang saya cantumkan bukan untuk dibuktikan kebenarannya, tapi lebih untuk menunjukkan bahwa kadang kita perlu percaya pada pernyataan yang lebih masuk akal. Terutama jika pertanyaan yang satunya terasa terlalu dibuat-buat, sementara pada sisi lain ada penjelasan yang lebih masuk akal. Inilah inti dari Occam Razor.

    Ide posting ini muncul setelah mendengar banyak spekulasi seputar Dr. Azhari yang kebanyakan kelewatan tidak masuk akal. :)

    Reply
  • November 25, 2005 at 4:35 pm
    Permalink

    Btw, bab Indonesia impor beras ni menurutku bener-bener lelucon yang tragis. Dari kecil dicekokin kalo Indonesia nih negara agraris, subur, dll blablabla tralala trilili..
    Dan akhirnya Indonesia mengimpor beras..
    Hahaha… Yang bodoh sapa sih ni?!

    Reply
  • December 12, 2005 at 2:51 pm
    Permalink

    Komentar buat gambar SBY dan Mayangsari. Masa gara-gara gambar beginian bisa ditangkap polisi. Jika memang melanggar hukum, kok baru ditangkap sekarang, kan sudah lama dimuatnya. Mungkin ada seseorang tersinggung sehingga melapor ke polisi (baru dugaan nih, perlu penelitian lebih lanjut, kemungkinan besar orang yang ada di foto tersebut).
    Jika saya ada di foto tersebut, justru saya senang karena bisa menjadi terkenal tanpa membayar sepeserpun. hehehe

    Reply
  • Pingback: Konspirasisme « RosenQueen, company.

  • August 27, 2011 at 6:09 pm
    Permalink

    teori satu!!

    WTC itu konspirasi amerika! dr. azhari juga konspirasi. tsunami di Aceh….konspirasi bom nuklir dr prancis. Indonesia emang udah kebanyakan konspirasi karena sekalinya kita bangun….dunia dirangan kita sodara-sodaraaa.

    LOGIKANYA yah, dengan SEEEEEMUAA kekayaan yg ada dari hasil bumi, keanekaragaman hayati, hewani, belom lautannyaa…..kita aja udah nomer satu sedunia!! belom lg kalo dugaan bahwa atlantis emang dulunya di Indonesia….berarti udah nunjukin kalo peradaban kita DULU sangat amat maju. jadi yaaaah begitulaaah. HIDUPLAH INDONESIA RAYAAA~

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *